kumparan
9 November 2018 13:33

David Silva Ingin Suporter Manchester United Merana

Perayaan Silva usai bobol gawang United. (Foto: Reuters/Carl Recine)
Dengan kondisi berbeda, Manchester City dan Manchester United akan bertarung pada pekan ke-12 Premier League di Etihad Stadium, Minggu (11/11/2018) malam WIB.
ADVERTISEMENT
Jika City berada di puncak klasemen Premier League dengan kondisi tak menanggung satu kekalahan pun, United justru berada di posisi ketujuh karena sudah tiga kali kalah di liga. Berita baiknya bagi penyokong The Red Devils, United telah merasakan tiga kemenangan beruntun, dengan dua di antaranya terjadi di liga.
Namun, terlepas dari jauhnya posisi kedua tim di papan peringkat, Derbi Manchester tetaplah Derbi Manchester. Di laga seperti ini, kedua tim tentulah punya gengsi untuk menjadi wajah kota Manchester. Itulah yang diyakini David Silva.
“Setiap laga derbi akan menawarkan situasi yang berbeda. Saya merasa posisi di liga tak memiliki dampak apa-apa terhadap laga ini. Laga ini, ya, tentang Derbi saja,” kata gelandang yang datang ke City dari Valencia pada musim panas 2010 itu sebagaimana dilansir Goal International.
ADVERTISEMENT
Silva mengambil contoh dua laga Derbi Manchester musim lalu. Di Old Trafford pada Desember 2017, The Citizens menang 2-1 karena gol David Silva dan Nicolas Otamendi pada babak kedua. Namun, City justru kalah di kandang mereka sendiri 2-3 dari United pada April silam.
“Anda bisa melihat apa yang terjadi ketika mereka (United) datang ke tempat kami dan kami datang ke tempat mereka. Mereka menang di tandang, kami pun begitu juga,” lanjut gelandang yang telah meraih satu medali Piala Dunia dan dua Piala Eropa bersama Timnas Spanyol itu.
“Kami tahu betapa pentingnya laga derbi ini, entah bagi pemain, suporter dari kedua klub. Bagi penyokong City, ini adalah kans untuk meledek suporter lawan ketika berjalan menuju tempat kerja atau di jalan satu hari setelah laga. Tentu, jika kami menang,” lanjut Silva.
ADVERTISEMENT
Proses terciptanya gol ke-50 David Silva di Premier League. (Foto: Action Images via Reuters/Jason Cairnduff)
Seperti musim-musim sebelumnya, kontribusi Silva di musim ini untuk City juga begitu krusial. Dalam 13 penampilan di lintas kompetisi, jebolan akademi Valencia itu telah merangkum 6 gol dan 2 assist. Plus memiliki catatan 3,3 umpan kunci (umpan yang menjadi kans) per laga, seperti disitat dari WhoScored.
Dengan kegemilangan seperti itu, bukannya tak mungkin Silva bisa menjadi tokoh protagonis City lainnya setelah Raheem Sterling dan Sergio Aguero, yang memiliki catatan gol dan assist begitu mengilap sejauh musim ini bergulir.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan