kumparan
7 Agustus 2018 3:11

Optimisme Maldini untuk Pilar Muda Milan di Lini Belakang

Paolo Maldini
Maldini di bangku cadangan Milan pada sebuah laga Coppa Italia menghadapi Lazio. (Foto: AFP/Damian Meyer)
Dua puluh lima tahun, dua puluh satu trofi. Itulah catatan yang ditorehkan Paolo Maldini selama berkostum merah-hitam milik Milan. Dengan rekor demikian, tak heran jika di Milan, tak ada lagi yang boleh mengenakan kostum bernomor punggung tiga yang dulu senantiasa melekat di tubuh Maldini.
ADVERTISEMENT
Kini, setelah sembilan tahun, Maldini kembali ke Milan. Tidak sebagai pemain, memang, melainkan sebagai Direktur Pengembangan Strategis Olahraga yang nantinya bakal terus berkolaborasi dengan Direktur Olahraga Leonardo Nascimento. Dalam menjalankan peran tersebut, ada banyak hal yang harus dilakukan Maldini dan salah satunya adalah bekerja dengan para pemain, baik senior maupun junior.
Maldini paham betul akan hal itu. Dalam konferensi pers perdananya di Milanello, Senin (6/8), pria 50 tahun itu bicara soal apa yang akan dilakukannya dalam upaya membantu pengembangan pemain, khususnya para pemain bertahan.
"Yang bisa kulakukan adalah berbicara dengan anak-anak dan pelatih. Ingat, di sini kita berbicara soal pemain-pemain yang sudah cukup dewasa untuk tahu bagaimana caranya mengeluarkan kemampuan terbaik. Kami sudah puas dengan komposisi pemain bertahan ini dan tim secara keseluruhan," kata Maldini seperti dikutip dari Football-Italia.
ADVERTISEMENT
Saat ini, Milan memiliki pemain-pemain bertahan yang dianggap berpotensi besar untuk jadi bintang di masa depan. Mereka adalah Gianluigi Donnarumma, Alessio Romagnoli, Mattia Caldara, dan Davide Calabria. Dengan pemain-pemain ini, Maldini pun merasa optimistis.
Alessio Romagnoli
Romgnoli (kiri) dalam pertandingan International Champions Cup 2018 menghadapi Tottenham Hotspur. (Foto: AFP/Stephen Maturen)
"Aku cukup beruntung bisa bermain di Milan bersama (Mauro) Tassotti, (Franco) Baresi, (Alessandro) Costacurta, dan Filippo Galli. Kami dulu merupakan tim dengan pertahanan terbaik di Italia. Para pemain yang sekarang pun kupikir sudah tahu apa artinya bermain untuk Milan. Mereka bakal sukses nantinya," ujar ayah Christian dan Daniel ini.
"Donnarumma adalah orang yang selalu mendapat tekanan dari sana-sini, tetapi nyatanya dia mampu bertahan dengan baik. Aku sangat ingin membantu dirinya."
"Kupikir kami akan selalu bisa berkembang. Milan telah melakukan hal yang benar dengan mendatangkan banyak pemain muda. Nah, siapa yang akan memimpin mereka, akan ditentukan dalam beberapa hari ke depan," pungkas Maldini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan