Food & Travel
·
3 Juli 2021 14:11
·
waktu baca 4 menit

5 Rekomendasi Croffle Enak nan Renyah, Ide Camilan Sore di Rumah Saja

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Rekomendasi Croffle Enak nan Renyah, Ide Camilan Sore di Rumah Saja (557)
searchPerbesar
Croffle Bakerman Foto: Dok.Bakerman
Sudah bukan rahasia, hybrid food dengan sebutan croffle ini sedang begitu digemari. Ini terbukti tiap toko roti yang menjual inovasi pastry tersebut kerap kehabisan stok croffle. Camilan yang lagi nge-hits ini memang punya rasa dan tekstur yang unik.
ADVERTISEMENT
Berbahan dasar adonan croissant, kemudian dipanggang di atas cetakan waffle. Cita rasa yang tercipta jadi menarik; ada flaky khas croissant tapi disajikan dalam bentuk waffle, sehingga tercipta pula kelembutan di bagian dalam. Keunikan inilah yang membuat banyak orang penasaran. Jangan-jangan kamu salah satunya?
Nah, kalau kamu pengin mencicipi pastry satu ini, berikut kumparan telah merangkum rekomendasi croffle enak di Jakarta. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini, karena rangkuman rekomendasi berikut juga bisa menambah info kamu tentang perbedaan ciri khas dari croffle tiap brandnya, lho.

1. Bakerman

5 Rekomendasi Croffle Enak nan Renyah, Ide Camilan Sore di Rumah Saja (558)
searchPerbesar
Croffle Bakerman Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Jika berbicara soal croffle, sudah pasti nama Bakerman masuk dalam salah satu daftarnya. Sejak toko roti ini resmi buka di mal Ashta District 8, SCBD, Jakarta Selatan, mereka tak pernah sepi pengunjung. Hampir setiap hari, orang-orang rela datang ke sana guna mencicipi croffle mereka yang populer.
ADVERTISEMENT
Lalu seberapa menarik, sih croffle ala Bakerman ini? Nah, croffle di toko roti satu ini punya tekstur yang cenderung flaky. Jadi, ketika digigit, tekstur croissant yang biasa kamu rasakan, benar-benar terasa renyah meski disajikan dalam bentuk waffle. Untuk melengkapi penyajian, mereka juga menyediakan aneka saus; ada Nutella atau salted caramel yang bikin kudapan manis semakin kaya rasa.
Soal harga, croffle Bakerman dibanderol berkisar Rp 25-28 ribu per potongnya. Jika tak sempat datang langsung ke toko, mereka bisa pula dibeli lewat aplikasi ojek online, kok. Oiya, jangan lupa sebelum menyantap croffle, agar makin renyah lebih baik dipanaskan dulu sekitar 2-5 menit dalam microwave atau air-fryer.

2. Dear Butter

5 Rekomendasi Croffle Enak nan Renyah, Ide Camilan Sore di Rumah Saja (559)
searchPerbesar
Croffle (croissant waffle) ala Dear Butter Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Tidak kalah eksis laiknya Bakerman. Croffle ala Dear Butter belakangan ini juga sangat laku di pasaran. Sampai-sampai, pelanggan harus rela antre selama dua jam, atau ikut pre-order dua hari untuk bisa menikmati setangkup kombinasi croissant waffle satu ini.
ADVERTISEMENT
Harum butter dari croffle ini memang mendominasi. Butter bercampur lelehan gula nan manis, membuat sepotong croffle ala Dear Butter terasa menggugah selera.
Walau ukurannya terbilang lebih kecil dari brand lain, tetapi soal kualitas rasa butter memang yang paling menonjol. Sekali digigit, perpaduan asin dan manis akan langsung terasa di mulut. Mereka juga punya saus spesial; seperti almond maple, choco crunch, strawberry cream cheese, blueberry cream cheese, atau strawberry jam.
Untuk sepaket croffle isi 9 pcs dihargai Rp 98 ribu. Nah, kalau kamu malas mengantre dan menghindari kerumunan, mereka juga sudah tersedia di platform ojek online, dengan cabang yang cukup banyak, lho.

4. Kopi Soe

5 Rekomendasi Croffle Enak nan Renyah, Ide Camilan Sore di Rumah Saja (560)
searchPerbesar
Soffle ciki ayam Kopi Soe Foto: Balqis Tsabita Azkiya/kumparan
Kopi Soe baru-baru ini tak mau ketinggalan untuk turut menyajikan croffle dalam deretan menu ‘Tjemilan’ mereka. Croffle di kedai kopi ini memiliki sebutan soeffle. Menu baru ini identik dengan rasa manis dan tekstur renyah.
ADVERTISEMENT
Namun, uniknya mereka punya menu croffle asin dengan topping ciki keju dan ciki ayam. Bukan cuma membubuhkan croffle dengan topping bola-bola ciki kriuk, melainkan rasa pastry-nya pun tidak kalah unik. Untuk varian ciki, terdapat keju meleleh yang diolesi pula oleh selai kacang gurih. Bikin cita rasa croffle satu ini dominan asin dengan sedikit tercecap manis, gurih, dan renyah kacangnya.
Semakin nikmat lagi bila disajikan sewaktu masih hangat. Karena kalau sudah agak dingin, tekstur soeffle akan alot. Soal harga, soeffle ini dibanderol mulai dari Rp 25-33 ribu. Menu ini juga sudah bisa kamu pedan di semua gerai Kopi Soe, ya.

4. Pancious

5 Rekomendasi Croffle Enak nan Renyah, Ide Camilan Sore di Rumah Saja (561)
searchPerbesar
Melted mozzarella cheese fried chicken croffle ala Pancious Foto: Balqis Tsabita Azkiya/kumparan
Terakhir ada croffle andalan restoran Pancious. Kalau kamu mencari croffle dengan topping asin yang lengkap, maka restoran ini menjadi pilihan tepat. Coba saja pesan menu melted mozzarella cheese fried chicken croffle. Croffle satu ini kaya akan topping; ada ayam goreng krispi yang cukup besar. Kemudian dilelehi keju super banyak, serta taburan bumbu cabai pedasnya.
ADVERTISEMENT
Bisa dibilang satu porsi croffle Pancious cukup mengenyangkan. Bahkan, untuk yang varian asinnya dapat dinikmati sampai dua orang, lho. Nah, tapi bila kamu pencinta croffle manis, jangan lupa cicipi juga blueberry ice cream serta walnut crunch.
Untuk harganya dibanderol seharga Rp 50-90 ribu per porsi. Harga ini memang sebanding dengan porsi crofflenya yang besar. Mengingat pandemi masih melonjak, kamu bisa, kok memesan camilan ini meski di rumah saja.

5. Soccial Affair

5 Rekomendasi Croffle Enak nan Renyah, Ide Camilan Sore di Rumah Saja (562)
searchPerbesar
Croffle plain ala Soccial Affair Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Rekomendasi terakhir dan tak boleh ketinggalan, adalah milik Soccial Affair. Konon, justru brand pionir yang menghadirkan croffle dalam menu restoran. Eksistensinya pun tak perlu diragukan, antrean pemburu croffle juga kerap mengular di gerai mereka. Jadi, kalau kamu mau pesan harus ekstra sabar, ya. Kami sarankan, sih menghubungi admin mereka via WhatsApp terlebih dahulu untuk mengecek stok croffle sebelum membeli.
ADVERTISEMENT
Masih satu manajemen dengan Bakerman, restoran ini menghadirkan croffle yang cita rasanya memang agak mirip. Tapi, croffle buatan mereka cenderung manis dengan karamel yang cukup melimpah, melapisi setiap bagian luar pastrynya. Bahkan, terkadang kamu akan menemukan sisi croffle dengan karamel yang kriuk namun agak sedikit gosong.
Sementara, untuk harum butter tak terlalu dominan. Tekstur croffle mereka juga tak terlalu flaky, namun empuk dibagian dalam. Bila penasaran pengin mencoba, croffle ala Soccial Affair ini dibanderol Rp 28-32 ribu. Mereka juga menyajikan croffle dengan aneka saus tambahan; seperti lotus biscoff atau maple syrup.
Nah, dari kelima rekomendasi croffle di atas, mana yang sudah pernah kamu cicipi?
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020