Food & Travel
·
22 Juli 2021 17:59
·
waktu baca 3 menit

6 Makanan Tinggi Zinc untuk Melawan Virus, Seafood Bisa Jadi Pilihan Tepat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Makanan Tinggi Zinc untuk Melawan Virus, Seafood Bisa Jadi Pilihan Tepat (56739)
searchPerbesar
com-Ilustrasi zinc Foto: Shutterstock
Zinc atau seng merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Sayangnya tak seperti vitamin D, tubuh kita tidak mampu menyimpan apalagi memproduksi zinc sendiri. Sehingga, kita perlu mendapatkannya dari asupan tambahan seperti makanan kaya zinc atau suplemen.
ADVERTISEMENT
dr. Tities A. Indra, Sp.PD menjelaskan defisiensi zinc dalam tubuh dapat berdampak pada penurunan produksi antibodi; akibatnya, kerja sistem imun pun menurun. Kalau sudah begini, tubuh akan rentan terhadap infeksi dan serangan virus.
"Padahal, zinc memiliki aktivitas "antivirus" yang dapat menstabilkan membran sel untuk menghambat masuknya virus dan replikasi virus. Tentu, hal ini penting untuk kita perhatikan terlebih pada kondisi di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang," ujarnya saat mengisi acara virtual peluncuran "Hemaviton Action Total Care Imunup" Kamis (22/7).
Dokter spesialis penyakit dalam tersebut juga mengungkapkan, bahwa pada penelitian Jothimani 2020 menemukan jika kadar zinc dalam tubuh pasien COVID-19 rendah, maka bisa memperparah dan menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih buruk. Keadaan ini juga akan memperpanjang masa tinggal atau rawat inap pasien tersebut, bahkan menyebabkan lonjakan angka kematian.
ADVERTISEMENT
Sementara, studi Ali dan kawan-kawan pada 2021 menemukan defisiensi zinc terjadi dua kali lipat lebih tinggi pada populasi Asia, yakni sebanyak 17,5 persen. Dibandingkan populasi Eropa hanya 8,9 persen.
Maka itu, sebagai salah satu negara di Asia berarti kita termasuk yang rendah dalam mengonsumsi makanan berzinc. Tak perlu khawatir, karena mulai sekarang kamu bisa meningkatkan asupan zinc dengan mengonsumsi makanan atau suplemen tambahan.
Dokter Tities pun telah memberikan enam rekomendasi makanan tinggi zinc. Makanan ini bisa menjadi asupan zinc alami bagi tubuh. Apa saja makanan tinggi zinc tersebut? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini.

1. Oyster

6 Makanan Tinggi Zinc untuk Melawan Virus, Seafood Bisa Jadi Pilihan Tepat (56740)
searchPerbesar
Ilustrasi oyster mentah Foto: dok.shutterstock
Mengutip Healthline, oyster atau tiram mengandung vitamin B12, seng, hingga tembaga lebih dari 100 persen kebutuhan harian tubuh. Bahkan, dalam 100 gram oyster mengandung hingga lebih dari 600 persen kebutuhan harian zinc kita.
ADVERTISEMENT
Kandungan yang tinggi tersebut menempatkan oyster sebagai makanan dengan sumber zinc terbanyak. Itu artinya, sesekali mengonsumsi oyster sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, metabolisme, hingga pertumbuhan sel kita.

2. Daging sapi

6 Makanan Tinggi Zinc untuk Melawan Virus, Seafood Bisa Jadi Pilihan Tepat (56741)
searchPerbesar
Membumbui steak. Foto: Dok. Pixabay
Tak kalah dari oyster, daging sapi juga merupakan sumber zinc yang baik. Dalam 100 gram daging giling misalnya, menyediakan hingga 44 persen nilai harian zinc yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya pada daging sapi, pilihan daging merah lain seperti kambing, domba, atau babi pun juga dinilai tinggi kandungan zinc.

3. Kepiting

6 Makanan Tinggi Zinc untuk Melawan Virus, Seafood Bisa Jadi Pilihan Tepat (56742)
searchPerbesar
Ilustrasi daging kepiting salju Foto: dok.shutterstock
Mr. crab rupanya termasuk dalam golongan makanan sumber zinc. Menurut USDA, dalam 3 ons kepiting raja Alaska yang sudah dimasak mengandung 59 persen dari nilai harian kandungan zinc yang direkomendasikan. Sehingga, menikmati kepiting rebus bisa menjadi salah satu sajian enak peningkat asupan zinc di tubuh. Kendati nikmat, perhatikan pula porsi dan dampak kolesterolnya bila terlalu banyak makan kepiting, ya.
ADVERTISEMENT

4. Lobster

6 Makanan Tinggi Zinc untuk Melawan Virus, Seafood Bisa Jadi Pilihan Tepat (56743)
searchPerbesar
Kondisi lobster setelah dimasak. Foto: MaxPixel
Sama halnya dengan kepiting, lobster juga merupakan makanan sumber zinc yang enak. Mengutip Everyday Health dalam seporsi lobster kecil yang sudah dikukus atau rebus mengandung 43 persen dari nilai harian kandungan zinc yang direkomendasikan. Maka itu, seafood satu ini bisa membantu membangun daya tahan tubuh. Bahkan makan lobster juga baik untuk kesehatan jantung.

5. Kacang-kacangan

6 Makanan Tinggi Zinc untuk Melawan Virus, Seafood Bisa Jadi Pilihan Tepat (56744)
searchPerbesar
Ilustrasi kacang arab dalam hummus Foto: dok.shutterstock
Kacang-kacangan bisa menjadi sumber asupan kaya zinc yang baik untuk para vegetarian dan vegan. Menikmati kacang-kacangan sebagai camilan maupun pelengkap makanan bisa pula menambah asupan protein serta serat dalam tubuh. Setidaknya, makan kacang-kacangan bisa menambah 26 persen asupan nilai zinc harianmu.

6. Daging ayam

6 Makanan Tinggi Zinc untuk Melawan Virus, Seafood Bisa Jadi Pilihan Tepat (56745)
searchPerbesar
Ilustrasi ayam goreng Foto: dok.shutterstock
Jika kamu sulit menemukan kelima makanan sumber zinc di atas, maka daging ayam bisa menjadi pilihan yang tepat. Ya, stok daging ayam di freezer rumah nyatanya bermanfaat dalam menambah asupan zinc harianmu, lho.
ADVERTISEMENT
Menurut USDA, untuk potongan daging ayam yang lebih bergizi maka pilihlah yang tanpa lemak dan tulang. Dalam secangkir dada ayam panggang tanpa kulit mampu memberikan asupan zinc harian sebanyak 19-22 persen.
Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi pilihan makanan yang kaya akan zinc. Untuk dosis asupan zinc harian yang baik, dokter Tities menyarankan konsumsilah 3-16 miligram per hari.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)