kumparan
8 Juni 2019 13:24

6 Rekomendasi Kuliner Menteng, Dari yang Nikmat Sampai yang Melegenda

Gado-gado Bon-Bin.
Gado-gado Bon-Bin. Foto: Toshiko/kumparan
Kuliner Menteng, terutama di sekitar Cikini dan Gondangdia memang tak perlu diragukan ini. Daerah ini punya banyak tempat makan enak yang selama puluhan tahun memanjakan lidah pecinta kuliner.
ADVERTISEMENT
Untuk kamu yang ingin menjelajah Menteng dan sekitarnya, kumparan siapkan 6 rekomendasi kuliner yang patut dicoba. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya:
1. Gado-gado Bon-Bin
Gado-gado Bon-Bin.
Gado-gado Bon-Bin. Foto: Toshiko/kumparan
Dinamakan Gado-gado Bon-Bin karena dulunya nama jalan tempat makan ini adalah Jalan Bonbin. Singkatan dari Jalan Kebon Binatang 3. Tempat ini merupakan salah satu kuliner legendaris Jakarta. Buka sejak 1960.
Bumbu kacang gado-gado di sini sangat pekat. Isiannya ada kacang panjang, kangkung, tauge, dan mentimun. Ada pula tahu, kentang, dan telur rebus. Supaya kenyang pakai lontong.
Selain gado-gado, ada pula asinan sayur, lontong cap go meh, mi ayam, dan bakso.
Alamat: Jalan Cikini IV No.5, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330
ADVERTISEMENT
Jam buka: Setiap hari (10.00-17.00)
2. Food court Bioskop Metropole
Rujak Jangkung 212 dan Es Teler Sari Mulia Asli
Rujak Jangkung 212 dan Es Teler Sari Mulia Asli Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Kalau sedang berada di sekitar Menteng, khususnya daerah Cikini, rasanya kurang kalau kamu tidak menyambangi food court bioskop Metropole. Di sini, ada berbagai makanan enak; seperti Pempek Megaria, Es Teler Sari Mulia Asli, Rujak Jangkung, dan lainnya.
Yang paling spesial ada Es Teler Sari Mulia Asli; disebut-sebut sebagai es teler pertama di Jakarta. Konon kedai es legendaris ini telah ada sejak 1960-an.
Es Teler Sari Mulia
Es Teler Sari Mulia Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Es Teler Sari Mulia punya tampilan yang cukup sederhana dan tak berbeda dari es teler pada umumnya. Segelas es teler yang dibanderol Rp 22 ribu per gelasnya. Terdiri dari kelapa muda, nangka, alpukat, dan susu kental manis.
ADVERTISEMENT
Alamat: Metropole XXI
3. Nasi Uduk Gondangdia
Nasi Uduk Gondangdia
Nasi Uduk Gondangdia Foto: Mela Nurhidayati Syamsiyah/Kumparan
Jika ingin menyantap nasi uduk enak di Jakarta, Nasi Uduk Gondangdia jawabannya. Nasi uduk legendaris ini sudah ada sejak 1993.
Lokasinya memang agak nyempil tepatnya di Jalan Cikini IV/12, Jakarta Pusat. Di bawah rel kereta api arah Cikini - Gondangdia.
Menunya ada ayam goreng, ati ayam, ampela, jantung, telur, dan daging empal. Ada pula usus, babat, paru, limpa, cumi, udang, tempe, tahu, dan petai. Semuanya bisa digoreng dengan tingkat kematangan sesuai selera.
Ingin yang dibakar juga ada. Tersedia ayam, lele, gurame, bawal, dan daging bakar. Aneka lauk-pauknya dihargai berkisar Rp 4.000 - Rp 20 ribu.
Ketika datang, kita diwajibkan untuk memilih terlebih dahulu lauk apa yang akan dimakan. Barulah lauk yang dipesan disajikan bersama nasi uduk, sambal, serta lalapan. Sambalnya ada dua macam; sambal terasi dan sambal kacang.
ADVERTISEMENT
Alamat: Jl. Cikini IV No. 12 RT. 015/RW. 005, Cikini, Menteng, RT.15/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330
Jam buka: Setiap hari (10.00-23.00)
4. Ampera 2 Tak
Makanan di Ampera 2 Tak
Makanan di Ampera 2 Tak Foto: Mela Nurhidayati Syamsiyah/kumparan
Rumah Makan Ampera 2 Tak telah buka sedari tahun 2008. Spesialisasinya adalah masakan khas Sunda. Tempat makan ini buka 24 jam, lho!
Konsep dari rumah makan ini adalah prasmanan. Pengunjung bisa mengambil nasi sepuasnya di bakul yang sudah disediakan. Lauknya tinggal ambil sendiri. Akan dipanaskan kembali sebelum disantap.
Jangan lupa untuk menikmati makan di sini dengan lalapan, sambal mentah, dan sayur asamnya. Dijamin makan kamu akan makin nikmat.
Jalan Cikini Raya No.103, Menteng, Jakarta Pusat
ADVERTISEMENT
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
5. Mie Ayam Gondangdia
Sesuai namanya, Mie Ayam Gondangdia terletak di daerah Gondangdia, tepatnya di Jalan RP Soeroso Nomor 36. Berdiri sejak tahun 1968, Mie Ayam Gondangdia ini memang patut disebut sebagai bakmi legendaris di Jakarta.
Mi ayam favorit Megawati Soekarnoputri ini teksturnya halus. Bumbu kaldunya gurih. Daging ayamnya terasa manis. Makin mantap dengan pangsit rebus yang bertekstur lembut. Seporsinya dibandrol Rp 36 ribu.
Selain mi ayam, di sini kamu bisa menemukan berbagai makanan peranakan lainnya. Misalnya ayam kuluyuk, bihun goreng seafood, fu yung hai, dan lainnya.
Alamat: Jl. RP Soeroso Nomor 36
Jam buka: Setiap hari (09.15-22.00)
6. Bubur Cikini H. R. Suleman
Bubur Cikini.
Bubur Cikini. Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Ini dia kuliner Menteng yang enggak boleh kamu lewatkan. Seporsi Bubur Cikini H. R. Suleman isinya cakwe, tongcai, ayam suwir, dan emping. Kalau suka yang spesial, kamu akan menemukan telur setengah matang yang dimasukkan dalam bubur.
ADVERTISEMENT
Berhubung tempatnya kecil dan sering ramai, maka kamu harus siap mengantre. Bubur ini bisa kamu nikmati seharga Rp 19 ribu tanpa telur dan Rp 22 ribu dengan telur. Tambahan ati ampelanya Rp 6 ribu saja.
Bubur Cikini H. R. Suleman
Alamat: Jl. Cikini Raya, Cikini, Jakarta
Jam buka: Setiap hari (07.00-11.00; 17.00-02.00)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan