Food & Travel
·
13 September 2021 18:48
·
waktu baca 3 menit

7 Makanan Sehari-hari yang Bisa Jadi Pembakar Lemak Alami

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Makanan Sehari-hari yang Bisa Jadi Pembakar Lemak Alami (92733)
searchPerbesar
Ilustrasi tubuh dengan lemak berlebih. Foto: Shutter Stock
Mungkin selama ini kita menghindari jenis makanan tertentu guna mengurangi asupan lemak dalam tubuh. Padahal, enggak semua makanan akan membuat jumlah lemak meningkat. Sebaliknya, beberapa jenis makanan justru membantu meluruhkan lemak.
ADVERTISEMENT
Terutama makanan alami yang tinggi kandungan probiotik. Makanan seperti ini dapat melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme sehingga membantu membuang zat-zat berlebih dalam tubuh; salah satunya lemak.
Penelitian The British Journal of Nutrition tahun 2013 yang melibatkan 210 orang dengan kelebihan lemak di perut membuktikan, adanya penurunan jumlah lemak sebesar 8,5 persen. Ini karena para responden mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik selama 12 minggu.
Lantas, apa saja rekomendasi makanan alami pembakar lemak tersebut? Yuk, simak daftar selengkapnya berikut ini:

1. Tempe

7 Makanan Sehari-hari yang Bisa Jadi Pembakar Lemak Alami (92734)
searchPerbesar
'Tempe sultan' terbuat dari kacang almond Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Siapa sangka, lauk sehari-hari ini ternyata membantu meluruhkan lemak di tubuh kita? Ini karena dalam pembuatannya, tempe mengalami proses fermentasi yang menurunkan kadar asam fitat --senyawa tanaman yang kerap mengganggu penyerapan zat besi dan seng.
ADVERTISEMENT
Dengan menurunnya asam fitat, maka mineral dapat meningkat sehingga mampu diserap secara maksimal dalam tubuh. Proses fermentasi ini juga memunculkan probiotik yang membantu melancarkan kerja sistem pencernaan.

2. Kimchi

7 Makanan Sehari-hari yang Bisa Jadi Pembakar Lemak Alami (92735)
searchPerbesar
com-Kimchi yang enak dan punya banyak manfaat. Foto: Shutterstock
Makanan khas Korea satu ini memiliki manfaat yang hampir sama dengan tempe. Sama-sama makanan fermentasi, membuat kimchi kaya akan kandung probiotik. Dalam penelitian salah satu jurnal PubMed, menemukan bakteri asam laktat Lactobacillus dalam makanan asam tersebut bermanfaat melancarkan pencernaan sehingga lemak di perut pun berkurang.

3. Acar

7 Makanan Sehari-hari yang Bisa Jadi Pembakar Lemak Alami (92736)
searchPerbesar
Ilustrasi acar. Foto: Shutter Stock
Nah, makanan pendamping nasi goreng hingga soto betawi ini ternyata juga memiliki manfaat pembakar lemak alami, lho. Makanya, sudah tepat, bukan? Kalau saat kita makan sajian berlemak tersebut didampingi acar. Sehingga, setidaknya acar akan membantu meluruhkan lemak usai makan makanan tinggi lemak itu.
ADVERTISEMENT
Mengutip Healthline, proses fermentasi acar menghasilkan bakteri Lactobacillus yang bermanfaat meningkatkan kesehatan pencernaan. Sementara, vitamin K yang terkandung dalam acar mentimun juga menjadi nutrisi penting untuk pembekuan darah.

4. Yoghurt

7 Makanan Sehari-hari yang Bisa Jadi Pembakar Lemak Alami (92737)
searchPerbesar
Ilustrasi sendok yoghurt Foto: dok.pixabay
Menurut penelitian Journal of Functional Foods tahun 2013 mengungkapkan, mengonsumsi yoghurt yang mengandung Lactobacillus fermentum atau Lactobacillus amylovorus selama enam minggu, ampuh mengurangi jumlah lemak di tubuh sebesar tiga sampai empat persen.

5. Jamur

7 Makanan Sehari-hari yang Bisa Jadi Pembakar Lemak Alami (92738)
searchPerbesar
Ilustrasi bakso jamur Foto: Dok.Shutterstock
Makan steak dengan jamur ternyata bisa bermanfaat mengurangi kandungan lemak yang masuk dalam tubuh, lho. Makan jamur juga bisa membuat kamu cepat merasa kenyang sehingga membantu menekan nafsu makan. Selain itu, kandungan alami jamur membantu pergerakan usus sehingga mempercepat proses penghancuran lemak jahat di dalam perut.
ADVERTISEMENT

6. Oatmeal

7 Makanan Sehari-hari yang Bisa Jadi Pembakar Lemak Alami (92739)
searchPerbesar
Oatmeal dengan biji chia Foto: Shutterstock
Kalau kamu mau cari menu sarapan sehat sekaligus membantu membakar lemak dalam tubuh, jawabannya adalah oatmeal. Makanan sehat ini mengandung banyak serat yang akan membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan seratnya juga melancarkan sistem pencernaan sehingga cepat membantu membuang lemak dalam tubuh.

7. Buah-buahan

7 Makanan Sehari-hari yang Bisa Jadi Pembakar Lemak Alami (92740)
searchPerbesar
Ilustrasi buah belimbing matang. Foto: Shutter Stock
Sudah bukan rahasia, kalau sejumlah jenis buah-buahan memiliki manfaat pembakar lemak alami. Sebut saja mentimun dan belimbing. Mentimun yang rendah kalori bisa jadi teman makan kamu karena dalam 100 gramnya hanya terkandung 45 kalori. Selain itu, mentimun membantu membersihkan racun dan lemak jahat dalam tubuh.
Sedangkan, belimbing kaya akan serat yang bermanfaat sebagai makanan alternatif penurun berat badan. Serat akan mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh, sehingga lemak jahat yang tak diperlukan pun bisa cepat terbuang.
ADVERTISEMENT
***