kumparan

7 Manfaat Leci untuk Kesehatan

Ilustrasi leci
Ilustrasi leci (Foto: Thinkstck)
Leci telah lama dikenal sebagai buah yang sangat cocok dikombinasikan dalam berbagai kudapan manis. Berbentuk seperti buah rambutan, manisnya leci dapat menambah rasa lezat pada minuman, puding, hingga cake.
ADVERTISEMENT
Tak hanya dikenal akan rasa manisnya yang kuat, ternyata buah tropis ini juga memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Salah satunya kandungan serat pangan pada leci yang berfungsi menurunka bobot tubuh berlebih.
Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dengan konsumsi leci secara teratur. Apa saja? Dilansir Food NDTV, berikut kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh manfaat kesehatan di balik manis dan segarnya buah leci.
1. Meningkatkan imunitas
Ilustrasi imun tubuh
Ilustrasi imun tubuh. (Foto: Pixabay)
Tinggi akan kandungan vitamin C di dalamnya, leci dapat dimanfaatkan untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh tak mudah sakit. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, vitamin C akan merangsang aktivitas sel darah putih untuk membentengi tubuh dari racun berbahaya.
2. Meningkatkan pencernaan
Saluran pencernaan manusia.
Usus besar dan saluran pencernaan manusia. (Foto: Elionas2 via pixabay)
Selain kandungan gulanya yang cukup tinggi, leci juga kaya akan kandungan serat pangan yang akan melancarkan proses pencernaan. Serat pangan akan mengontrol gerakan usus agar lebih aktif mencerna makanan serta menurunkan risiko sembelit. Dengan proses pencernaan yang lancar, proses penyerapan nutrisi oleh lambung dan usus pun akan bekerja secara lebih maksimal.
ADVERTISEMENT
3. Menangkal virus
Flu menular lewat virus
Flu menular lewat virus (Foto: Thinkstock)
Selain kandungan vitamin C-nya yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan proanthocyanidins pada leci akan bertindak sebagai antivirus di dalam tubuh. Dikombinasikan dengan lycheetannin A2, konsumsi leci secara teratur akan menghalau serangan virus serta mencegah penyebarannya.
4. Mengontrol tekanan darah
Pengecekan tekanan darah
Pengecekan tekanan darah (Foto: Wikimedia Commons)
Memiliki masalah pada tekanan darah tinggi? Konsumsi leci dapat menjadi salah satu solusi tepatnya. Di dalam leci, terkandung potasium yang akan mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Asupan potasium yang cukup juga akan mengurangi risiko penyempitan pembuluh arteri sehingga gangguan jantung dapat dihindari.
5. Menyehatkan kulit
Kulit sehat
Kulit sehat (Foto: Thinkstock)
Tahukah kamu bahwa ternyata konsumsi leci dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini serta memudarkan bekas jerawat. Hal ini karena di dalam buah manis ini terkandung vitamin C yag berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan akan menurunkan kerusakan sel-sel tubuh, termasuk kulit wajah sehingga akan senantiasa sehat dan lembab.
ADVERTISEMENT
6. Menyehatkan tulang
Tulang yang sehat
Tulang yang sehat. (Foto: Thinkstock)
Konsumsi leci juga dapat meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Di dalam leci terdapat beberapa mineral seperti magnesius, fosfor, zat besi, dan mangan yang berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang. Dengan begitu, risiko terkena osteoporosis pada usia lanjut dapat dihindari.
7. Anti-inflamasi
Ilustrasi leci
Ilustrasi leci (Foto: Thinkstck)
Antioksidan flavanol di dalam leci dapat dimanfaatkan sebagai obat anti-inflamasi alami yang aman bagi tubuh. Selain sebagai antiradang, asupan flavanol yang cukup akan mempercepat penggantian sel-sel dan jaringan tubuh yang telah rusak akibat radang atau radikal bebas.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan