Food & Travel
·
9 Juni 2021 11:51
·
waktu baca 3 menit

7 Restoran Khas Indonesia yang Ada di Luar Negeri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Restoran Khas Indonesia yang Ada di Luar Negeri (411474)
Makanan khas Indonesia yang dihidangkan restoran Indonesia di Selandia Baru Foto: Dok. Tourism New Zealand
Guna mengobati rindu makanan Nusantara, tak jarang, restoran atau warung makan khas Indonesia sering ditemukan di berbagai negara. Tentunya, keberadaan restoran tersebut seringkali diinisiasi oleh para warga Indonesia yang menetap di sana.
ADVERTISEMENT
Tidak jarang juga, kalau restoran itu juga merupakan bentuk kerja sama diplomasi antar pemerintah negara. Melalui kerja sama, diharapkan promosi terhadap pariwisata dan kuliner Indonesia semakin merebak di tingkat internasional.
Selain itu, sajian ala Nusantara pun tak kalah lezat seperti makanan mancanegara. Bahkan, banyak warga asing yang justru kagum saat mencicipi ragam hidangan Indonesia yang kaya rasa. Nah, kini kamu juga sudah bisa mengunjungi beberapa restoran tersebut.
Penasaran, di mana saja restoran tersebut? Berikut ulasan selengkapnya, bisa jadi rekomendasi juga saat kamu melancong ke luar negeri.

1. Restoran Garuda Truck and Eatery, Wellington

7 Restoran Khas Indonesia yang Ada di Luar Negeri (411475)
Restoran Indonesia "Garuda Truck & Eatery " di Wellington, Selandia Baru. Foto: KBRI Selandia Baru
Sejak dirilis tahun 2020, restoran Garuda Truck and Eatery senantiasa hadir untuk memanjakan lidah masyarakat di Selandia Baru, dengan masakan khas Indonesia. Berlokasi di Jalan Marjoribanks, Wellington, tempat makan khusus sajian Nusantara ini, merupakan hasil jerih payah Burhan, pengusaha katering asal Makassar.
ADVERTISEMENT
Melalui usaha katering tersebut, Burhan seringkali menghidangkan nasi serta mi goreng ala Indonesia. Setelah itu, ia merasa terpacu untuk bisa membuka restoran sendiri. Menariknya, usaha Burhan ini ikut didukung oleh Dubes RI di Selandia Baru, Tantowi Yahya. Adanya restoran khas Indonesia ini pun menjadi peluang baik untuk bisa mengenalkan kuliner Nusantara pada warga di negara tersebut.

2. Danau Toba Restaurant, Tanzania

7 Restoran Khas Indonesia yang Ada di Luar Negeri (411476)
Peresmian Danau Toba Restaurant, restoran Indonesia pertama di Tanzania Foto: Dok. Istimewa
Di pusat kota Dar es Salaam, terdapat restoran khas Indonesia yaitu Danau Toba Restaurant. Berdirinya tempat makan khusus sajian Nusantara, merupakan hasil kerja sama dari Mr. Desidery Rutta, pengusaha Tanzania dengan investor asal Indonesia.
Restoran ini pun diterima baik oleh para warga lokal Tanzania. Selain itu, Danau Toba Restaurant diharapkan dapat menjadi showcase bagi Indonesia untuk mengembangkan produk agrikultur. Dalam restoran itu, beragam agrikultur Indonesia dan Tanzania akan diolah, sehingga menciptakan kuliner khas Nusantara.
ADVERTISEMENT

3. Medan Ciak, Sydney

Beralih ke Sydney, Australia. Bisa dibilang di negara ini, banyak sekali para diaspora Indonesia menetap dan menjalani hidup. Maka tak jarang, restoran Indonesia bisa kamu temukan hampir di setiap sudut kota itu.
Salah satunya, Medan Ciak yang berlokasi di Sussex Street. Restoran satu ini menyajikan ragam masakan Indonesia. Mulai dari nasi kapau, mi pangsit, lauk pauk prasmanan, sampai jajanan pasar. Selain itu, tempatnya pun tak kalah nyaman.

4. Ayam Goreng 99, Kingsford

Rindu ayam goreng kala di negeri Kangguru? Jangan khawatir, kamu bisa mampir ke daerah Kingsford. Di sana terdapat restoran khusus ayam goreng rumahan yang bisa kamu nikmati. Lengkap dengan nasi putih hangat, tempe, tahu, serta sambal terasi yang menggoda.
ADVERTISEMENT
Restoran ini cukup terkenal, lho di kalangan warga lokal Australia. Bahkan, Ayam Goreng 99 masuk ke jajaran restoran Indonesia terbaik di Sydney. Selain menyajikan nasi ayam, mereka juga punya es cendol sampai es campur yang wajib dicoba.

5. Restoran Bumbu Indonesia, Mesir

7 Restoran Khas Indonesia yang Ada di Luar Negeri (411477)
Restoran Bumbu Indonesia di Kairo, Mesir Foto: Dok. KBRI Cairo
Siapa sangka kalau kuliner Nusantara sampai ke Mesir. Bernama restoran Bumbu Indonesia, mempunyai lokasi cukup menarik, yaitu di kawasan pariwisata Piramida Giza.
Hadirnya tempat makan khas Indonesia ini, merupakan legitimasi pemerintah melalui Kementerian Perdagangan dan Perwakilan RI di Mesir. Menampung lebih dari 100 pelanggan, dalam restoran tersebut disajikan aneka kuliner dari berbagai daerah di Indonesia. Laiknya gado-gado, lontong sayur, rawon, nasi uduk, nasi goreng kampung, dan rendang.

6. Sendok Garpu Cuisine, Geneva

ADVERTISEMENT
Sendok Garpu Cuisine didirikan oleh pakar kuliner Indonesia, William Wongso. Berkat inisiatifnya, masakan Nusantara yang merupakan hasil racikan Om Will kini bisa kita cicipi kala berkunjung ke Geneva, Swiss.
Semua makanannya juga halal, lho. Bagi warga Indonesia yang tinggal maupun sedang berkunjung ke Geneva, bisa cicipi makanan ala Sendok Garpu Cuisine. Mereka hanya melayani pesanan take away dan delivery order. Jika berencana memesan, bisa menggunakan layanan Smood.ch, UberEats, atau hop.delivery.

7. D’Penyetz

Sudah tersebar di 5 negara dan punya 100 cabang. Tak heran, jika tempat makan ayam D’Penyetz cukup populer di kalangan migran Indonesia di luar negeri. Mereka hadir di Indonesia, Singapura, Australia, Brunei, serta Myanmar.
Sesuai namanya, mereka menyajikan nasi ayam penyet yang dilengkapi taburan serundeng. Ada juga es cendol dan ragam camilan khas. Dijamin cita rasanya tak jauh berbeda laiknya makan nasi ayam penyet di negeri sendiri.
ADVERTISEMENT
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya