Food & Travel
·
10 Juni 2021 12:09
·
waktu baca 2 menit

Jadi Menu Utama BTS Meal, Begini Sejarah McNugget ala McDonald’s

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jadi Menu Utama BTS Meal, Begini Sejarah McNugget ala McDonald’s (39960)
Chicken mcnugget The BTS Meal isi 9 potong Foto: Balqis Tsabita Azkiya/kumparan
Dalam sepaket menu The BTS Meal setidaknya kamu akan mendapatkan mcnugget, kentang goreng, dan cola. Meski paket makanan yang sedang heboh itu tampak sederhana, tapi kehadiran mcnugget menjadi salah satu makanan spesial. Terlebih, makanan itu merupakan salah satu menu favorit boyband asal Korea Selatan tersebut.
ADVERTISEMENT
Rupannya, tak hanya BTS yang menyukai mcnugget. Sudah sejak lama, nugget ayam ala McD ini jadi incaran para pelanggan restoran cepat saji asal Amerika Serikat tersebut. Bahkan menu ini sudah digemari sejak puluhan tahun lalu.
Mengutip Thrillist, mcnuggets sudah ada hampir selama empat dekade. Mcnuggets pertama kali memulai debutnya tahun 1983, dijual dihampir seluruh gerai McDonald’s di Amerika. Uji coba peluncuran makanan ini terbilang sangat sukses, terlebih di Knoxville, Tennessee.
Upaya dan proses pembuatan resep nugget ayam itu dilakukan selama bertahun-tahun. Langsung terbayarkan dengan permintaan konsumen Amerika yang sangat tinggi. Lantaran peminat mcnuggets sangat banyak, muncul pertanyaan mengapa banyak orang menggemari daging ayam goreng berminyak tersebut?
Jadi Menu Utama BTS Meal, Begini Sejarah McNugget ala McDonald’s (39961)
nugget Foto: shutterstock
Kegemaran ini kemungkinan ada karena berhubungan dengan rekomendasi pemerintah di tahun 70-an. Saat itu, petinggi di Negeri Paman Sam mengimbau masyarakatnya untuk mengurangi konsumsi daging merah dan membeli unggas.
ADVERTISEMENT
Oleh sebabnya, McDonald’s memanfaatkan kesempatan itu dengan mengolah daging ayam menjadi bentuk nugget. Mereka bahkan menyewa juru masak dari Prancis, guna menyempurnakan resep mcnuggets tersebut.
Sejak saat itu, nugget ala McDonald's dianggap sebagai ikon makanan cepat saji, bahkan hingga kini. Beberapa tahun kemudian, menu itu ikut populer dan disukai oleh anak kecil. Restoran cepat saji itu kemudian menjadikan mcnuggets sebagai menu favorit dan paling direkomendasi untuk anak-anak.
Jadi Menu Utama BTS Meal, Begini Sejarah McNugget ala McDonald’s (39962)
Chicken mcnugget The BTS Meal dengan cocolan saus sweet chilli Foto: Balqis Tsabita Azkiya/kumparan
Menariknya, mereka pun ikut merilis varian mcnuggets buddies. Mainan kecil berbentuk nugget dengan ragam desain yang cukup menarik. Tak berhenti di situ, tahun 1998, paket menu mcnuggets dilengkapi dengan saus edisi terbatas yakni saus szechuan. Saus pelengkapnya dirilis bertepatan dengan teaser film Disney, yaitu Mulan.
ADVERTISEMENT
Namun, masa kejayaan mcnuggets tak luput dari kontroversi. Tahun 2003, seorang hakim menyebutkan kalau makanan tersebut bisa membuat konsumen obesitas. Peristiwa ini terjadi sejak dua pelanggan konsumen mengajukan gugatan hukum pada restoran cepat saji yang bersangkutan.
Berlanjut ke 11 tahun setelah kasus itu bergulir, tepatnya di 2010, slime atau lendir berwarna merah muda tertangkap kamera dalam pabrik khusus mcnugget. Kejadian itu langsung viral dan menyita perhatian publik sampai ke media sosial.
Jadi Menu Utama BTS Meal, Begini Sejarah McNugget ala McDonald’s (39963)
Tampilan makanan McDonald's The BTS Meal Foto: Dok.McDonalds Indonesia
Ternyata gambar atau foto itu hanyalah hoaks. Tetapi, beberapa orang masih percaya kalau nugget McDonald’s terbuat dari gumpalan lendir tersebut. Akhirnya di tahun 2016, pihak restoran mengumumkan jika mereka menghapus pengawet buatan dari resep nuggetnya. Ini supaya melindungi dan memperbaiki citra mereka.
ADVERTISEMENT
Meski saat ini banyak restoran cepat saji lain yang juga ikut menciptakan kreasi nugget mereka sendiri; perlu diketahui, mcnuggets ala McDonald’s adalah yang pertama kali membuat olahan ayam ini jadi terkenal.
Wajar saja, kalau cita rasa makanan berbahan daging ayam empuk nan gurih ini begitu digemari dan menjadi salah satu menu best-seller, bahkan di Indonesia.
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya