kumparan
5 Desember 2019 7:34

Kenapa Kita Tiba-tiba Ngidam Makan Makanan Manis?

Ilustrasi makan cokelat
Ilustrasi makan cokelat Foto: Shutter Stock
Pernahkah kamu merasa pengin makan makanan manis? Misalnya, mengidamkan segigit cokelat manis yang lumer di mulut. Nah, keinginan seperti itu sebenarnya patut kamu waspadai, karena bisa jadi itu tanda bahwa tubuhmu sedang kekurangan nutrisi.
ADVERTISEMENT
Kok bisa demikian? Gini, kadang-kadang tak jarang orang jadi spesifik mengidamkan jenis makanan tertentu. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak alasan kenapa kita tiba-tiba ngidam makanan manis berikut ini:
1. Tubuhmu kekurangan gula
Buah dan gula
Buah dan gula Foto: Shutterstock
Jika tiba-tiba kamu menginginkan menyantap sebatang cokelat, maka bisa jadi tubuhmu kekurangan gula. Menurut penelitian dalam European Journal of Nutrition, kombinasi lemak dan gula dalam cokelat bisa membuat tubuh ketagihan, apalagi saat tubuhmu terasa lemas atau mood sedang anjlok.
Kalau sudah begini, kamu boleh, kok makan cokelat guna menambah energi. Tapi jangan sampai berlebihan, ya.
Soalnya menurut American Heart Association, kamu perlu membatasi diri dalam menikmati makanan manis. Khusus perempuan, hanya boleh 25 gram gula (enam sendok teh) per harinya, sedangkan laki-laki di bawah 36 gram atau sembilan sendok teh.
ADVERTISEMENT
2. Butuh kafein
Ilustrasi kopi hitam.
Ilustrasi kopi hitam. Foto: Toshiko/kumparan
Mengutip Healthline, beberapa makanan seperti cokelat hitam atau kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan energi. Untuk itu, ketika lemas tubuhmu jadi 'ngidam' untuk makan cokelat atau pengin meneguk secangkir kopi.
Kafein dalam dua jenis asupan tersebut bisa merangsang sistem saraf pusat, agar kamu tetap terjaga.
3. Lagi stres
Ilustrasi lemas setelah minum kopi
Ilustrasi stres Foto: Shutter Stock
Bagi sebagian orang, kebiasaan makan makanan manis dipercaya bisa menghilangkan mood buruk. Ini juga diperkuat dengan adanya temuan jurnal PLOS One, yang mengungkapkan bahwa 50 persen perempuan di Amerika Serikat mendambakan makanan manis seperti cokelat, saat PMS, stres, cemas, atau tertekan.
4. Karena lapar
sakit perut
ilustrasi lapar Foto: shutterstock
Tanda terakhir adalah karena kamu lapar. Ketika tubuh lapar, kamu membutuhkan karbohidrat cepat seperti gula. Maka, enggak heran kalau tubuhmu mengirimkan signal pengin makan makanan manis.
ADVERTISEMENT
Alih-alih makan makanan manis, sebaiknya ambillah tiga keping biskuit gandum, atau makanlah seporsi salad agar berat badan enggak melonjak tajam.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan