Food & Travel
·
12 Juli 2021 14:13
·
waktu baca 2 menit

Mual Usai Menerima Vaksin Corona? Yuk, Redakan dengan 6 Minuman Herbal Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mual Usai Menerima Vaksin Corona? Yuk, Redakan dengan 6 Minuman Herbal Ini (78451)
searchPerbesar
Ilustrasi mual efek vaksin corona. Foto: Shutterstock
Bukan cuma demam, efek samping vaksin corona terkadang juga ditandai dengan mual. Walau hal ini menandakan vaksin sedang bekerja dalam tubuh, tetapi mungkin bagi sebagian orang tidak akan tahan dengan rasa mual tersebut. Kadang kala, mual dan pengin muntah bisa dirasakan dalam jangka waktu yang cukup lama.
ADVERTISEMENT
Kendati, perlu diketahui bila mual ini bisa perlahan disembuhkan, kok. Tidak harus bergantung pada obat medis, cukup minum beberapa ramuan herbal akan lebih ampuh meredakan mual secara alami. Laiknya menyeduh jahe sampai daun mint, bahan tersebut sudah terbukti punya sifat antimual.
Jika kamu salah satu orang yang mengalami efek ini usai menerima vaksinasi, jangan khawatir, ya. Sebab, kumparan punya beberapa rekomendasi minuman herbal untuk mengobati mual atau enek tersebut, yuk simak di bawah ini.

1. Minuman lemon

Mual Usai Menerima Vaksin Corona? Yuk, Redakan dengan 6 Minuman Herbal Ini (78452)
searchPerbesar
Ilustrasi minum lemon dan kunyit Foto: Shutterstock
Punya warna kuning segar dan rasa yang masam, nyatanya lemon bisa meredakan gejala mual, lho. Tercatat dalam jurnal Iranian Red Crescent Medical Journal tahun 2014, ekstrak lemon lebih ampuh mengobati mual dibanding minyak almond. Seseorang yang minum lemon, tingkat mualnya bisa menurun sampai 9 persen daripada yang tidak.
ADVERTISEMENT

2. Daun mint

Mual Usai Menerima Vaksin Corona? Yuk, Redakan dengan 6 Minuman Herbal Ini (78453)
searchPerbesar
Teh mint Foto: Shutterstock
Journal of Holistic Nursing pernah meneliti perihal manfaat ekstrak daun mint. Ditemukan kalau bau khas daun mint bisa digunakan sebagai aromaterapi pereda mual. Terbukti ketika mencium aroma mint, maka tubuh seketika akan merasa segar. Jurnal lainnya juga mengungkapkan, kalau menyeduh mint dan menjadikannya minuman, bisa mengobati segala jenis gangguan dalam perut, laiknya mual berlebih.

3. Jahe hangat

Mual Usai Menerima Vaksin Corona? Yuk, Redakan dengan 6 Minuman Herbal Ini (78454)
searchPerbesar
wedang jahe Foto: Shutterstock
Rempah ringan multifungsi ini sangat terkenal. Selain keunggulannya menciptakan sensasi hangat, ekstrak jahe pun memiliki manfaat meredakan mual. Melansir jurnal PubMed, dipercaya kalau jahe punya senyawa bersifat antimual. Konsumsi 0,5-1,5 gram jahe per hari, cara ini efektif mengurangi rasa mual.

4. Adas

Mual Usai Menerima Vaksin Corona? Yuk, Redakan dengan 6 Minuman Herbal Ini (78455)
searchPerbesar
Ilustrasi teh biji adas Foto: Shutter Stock
Bubuk adas umumnya banyak dijual sebagai obat antimual. Rempah serta herbal alami ini sebenarnya berbentuk seperti biji-bijian. Tetapi, saat diolah jadi obat, adas lebih sering dijual dalam bentuk bubuk. Journal of Pediatric and Adolescent Gynecology menemukan bahwa bubuk adas mengobati berbagai penyakit; yakni mengurangi sakit haid, mual, dan mempercepat serta melancarkan menstruasi.
ADVERTISEMENT

5. Kayu manis

Mual Usai Menerima Vaksin Corona? Yuk, Redakan dengan 6 Minuman Herbal Ini (78456)
searchPerbesar
Kayu manis Foto: Shutter Stock
Sama seperti jahe, kayu manis nan harum punya jutaan khasiat baik. Memang, umumnya kayu manis digunakan sebagai penambah bahan masak. Tetapi, Iranian Red Crescent Medical Journal menyatakan bila rempah tersebut mampu mengurangi efek mual dan gejala menstruasi. Kalau kamu mengalami efek samping vaksinasi seperti mual berlebih, kayu manis cocok jadi obat alternatif yang cukup aman.

6. Jinten

Mual Usai Menerima Vaksin Corona? Yuk, Redakan dengan 6 Minuman Herbal Ini (78457)
searchPerbesar
Ilustrasi Jinten Foto: Shutterstock/Michelle Lee Photography
Jinten kerap dimasukkan dalam bahan-bahan ramuan herbal, jinten juga efektif meredakan gangguan pencernaan laiknya mual. Penelitian Middle East Journal of Digestive Diseases pernah menemukan ragam manfaat dari ekstrak jinten. Mulai dari mengurangi sakit akibat sembelit, diare, maupun mual. Bila kamu ingin meredakan mual karena efek vaksin, cukup rebus jinten lalu minum airnya selagi hangat.
ADVERTISEMENT
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020