Food & Travel
·
3 Juli 2021 17:24
·
waktu baca 2 menit

Tips Memanaskan Croffle agar Tetap Renyah, Cukup 5 Menit!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Memanaskan Croffle agar Tetap Renyah, Cukup 5 Menit! (308508)
searchPerbesar
Croffle Bakerman Foto: Dok.Bakerman
Kamu sudah mencoba croffle? Camilan kekinian yang sedang banyak diburu para penikmat pastry. Kudapan satu ini memiliki bentuk hingga tekstur yang unik. Tampilan bak waffle, tapi renyah seperti croissant.
ADVERTISEMENT
Yup, pastry ini memang menggabungkan konsep sajian croissant dan waffle; makanya disebut 'croffle'. Tak kalah bikin ketagihan, adalah lapisan butter gurih nan harum, serta lelehan gula yang manis. Saat digigit, akan memunculkan sensasi manis, gurih, sekaligus harum nan khas.
Saat ini ada beberapa toko roti yang menyajikan croffle enak. Namun, kamu juga harus ekstra sabar, ya. Sebab, beberapa toko kerap dibanjiri pesanan yang terkadang membuat kita harus menunggu agak lama. Belum lagi, lantaran masih dalam kondisi pandemi, kebanyakan dari kita akan membeli lewat jasa pesan-antar makanan.
Perjalanan yang cukup memakan waktu biasanya akan membuat tekstur croffle tak serenyah ketika baru matang. Padahal, camilan ini paling nikmat dimakan saat masih panas, lho.
Tips Memanaskan Croffle agar Tetap Renyah, Cukup 5 Menit! (308509)
searchPerbesar
The liège waffle. Foto: Dok. Pixabay
Tapi, kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara dan alat memasak yang bisa kamu gunakan untuk kembali memanaskan croffle. Caranya cukup mudah dan singkat. Hanya saja, kamu harus benar-benar menyesuaikan peralatan yang digunakan, suhu, serta waktunya.
ADVERTISEMENT
Kumparan punya tipsnya kalau kamu masih bingung. Tips ini dianjurkan langsung oleh salah satu bakery yang punya menu croffle hits; yakni Bakerman. Namun mereka tak merekomendasikan kamu memanaskan dengan microwave, ya; agar tekstur croffle tetap nikmat.
Mereka merekomendasikan untuk memanaskan croffle dengan tiga pilihan alat masak. Ada air-fryer dan oven. Rata-rata kamu hanya perlu memanaskan dalam rentang waktu 5 menit.
Tips Memanaskan Croffle agar Tetap Renyah, Cukup 5 Menit! (308510)
searchPerbesar
Ilustrasi air fryer Foto: dok.shutterstock
Kendati berbeda alat, maka berbeda pula cara memanaskannya. Cara pertama, kamu bisa memanaskan menggunakan oven. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat celsius, kemudian baru masukkan croffle yang sudah dialaskan loyang atau pinggan tahan panas. Lalu, panaskan cukup selama 5 menit.
Cara kedua, kamu bisa menggunakan air-fryer bila punya. Caranya hampir sama dengan memanaskan menggunakan oven. Putar suhu ke 170 derajat celsius, lalu masukkan croffle, dan panaskan selama 5 menit.
Tips Memanaskan Croffle agar Tetap Renyah, Cukup 5 Menit! (308511)
searchPerbesar
Croffle original Bakerman Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Nah, usai dipanaskan sebaiknya jangan langsung dikonsumsi, ya. Karena biasanya tekstur croffle masih terlalu lembek akibat masih panas. Maka, waktu terbaik untuk menikmati croffle, yakni diamkan terlebih dahulu selama sekitar 2 menit. Baru makan dan rasakan kembali tekstur croffle yang renyah di luar, serta lembut di dalam.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, mudah bukan tipsnya? Selamat mencoba!