kumparan
11 November 2019 9:18

Tips Memanaskan Pasta Supaya Rasanya Tetap Nikmat

Corned Pasta Aglio Olio
Corned Pasta Aglio Olio Foto: Safira Maharani/ kumparan
Terlalu banyak memasak pasta dan tak bisa habis dalam sekali santap? Memang sih, sisa pasta bisa dimakan lagi keesokan harinya, toh, cuma tinggal dipanaskan sebentar.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, cita rasa dan kualitas pasta sisa kerap menurun, meski sudah dihangatkan kembali. Teksturnya jadi lengket dan kering, belum lagi sausnya yang tak lagi segar. Ujung-ujungnya, jadi tak berselera untuk menghabiskannya lagi.
Eits, jangan buru-buru membuangnya, ada tips tertentu yang bisa membantumu mengembalikan cita rasa asli dari pasta sisa yang bisa kamu coba, kok.
Berikut telah kumparan rangkum tips memanaskan pasta sisa semalam supaya rasanya tetap lezat:
1. Tumis dengan sedikit air
Segafredo Zanetti
pasta curry carbonara Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Pasta mengandung kadar pati yang tinggi dan membuat campuran saus mengental karena sebagian besar kelembaban di dalam wadah terserap. Salah satu cara untuk mengembalikan cita rasa dan tekstur aslinya adalah dengan menambahkan lebih banyak uap.
Tumis sebentar pasta dengan sedikit air untuk membuat tiap helaian pastanya kembali lembut. Perlu diingat, jangan terlalu lama meninggalkannya di atas kompor. Bila dimasak terlalu lama, pasta malah akan jadi overcooked dan terlalu lembek.
ADVERTISEMENT
2. Panggang kembali
One Pot Chicken Penne Parmesan
One Pot Chicken Penne Parmesan Foto: kumparan
Bila pasta yang ingin kamu hangatkan kembali berjenis penne atau rigatoni, coba campurkan dengan sedikit kaldu, saus, atau krim supaya teksturnya melunak. Setelahnya, taburi dengan keju mozarella, dan panggang menggunakan oven.
Hidangan pastamu pun akan kembali lezat, bahkan cita rasanya jadi lebih nikmat dan bervariasi.
3. Panaskan dengan microwave
Ilustrasi memanaskan pasta
Ilustrasi memanaskan pasta Foto: Shutter Stock
Perlu dicatat, metode ini hanya bisa diterapkan pada jenis pasta gluten free saja, ya. Pasta yang tak mengandung protein gluten punya tekstur yang mudah patah saat dipanaskan kembali.
Dilansir Eat This Not That, hal ini disebabkan karena absennya protein gluten yang berperan sebagai agen perekat pada pasta. Tanpa gluten, mi akan kehilangan struktur kokohnya. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menghangatkannya adalah dengan menggunakan microwave.
ADVERTISEMENT
4. Pisahkan dari sausnya
Warung Pasta.
Warung Pasta. Foto: Toshiko/kumparan
Bila ingin menyajikan kembali pasta sisa semalam, sebaiknya pisahkan sausnya terlebih dahulu sebelum memanaskannya. Sebab, kandungan pati dalam pasta akan membuat tekstur saus makin kental saat dimasak bersamaan. Tentu kamu tak ingin rasa pastamu jadi tak karuan, bukan?
5. Jangan terlalu lama menghangatkannya
Ilustrasi Pasta Seafood and Cheese
Ilustrasi Pasta Seafood and Cheese Foto: AP
Supaya pasta tetap terasa nikmat, hindari untuk memanaskannya dalam waktu terlalu lama. Gunakan api atau panas yang tak terlalu besar, dan tunggu sesaat sampai seluruh bagiannya sudah hangat.
Ingat, kamu hanya perlu menghangatkan pasta kembali, bukan memasaknya lagi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan