kumparan
30 Oktober 2019 22:14

Tips Memasak Pasta Anti Lengket

Merebus pasta
Merebus pasta Foto: Shutterstock
Ketika memasak pasta, salah satu permasalahan yang kerap muncul adalah permukaannya yang lengket. Hal ini tentunya akan memengaruhi kenikmatan dari pasta saat disajikan.
ADVERTISEMENT
Tak perlu khawatir, ada beberapa trik dan tips yang bisa kamu terapkan saat merebus pasta agar tak lengket ketika disajikan. Apa saja? Berikut telah kumparan rangkum tips memasak pasta anti lengket, di antaranya:
1. Aduk pasta saat direbus
Ilustrasi merebus pasta
Ilustrasi merebus pasta Foto: Shutter Stock
Mengaduk pasta saat merebusnya dapat mencegah permukaannya lengket satu sama lain. Kita tak perlu mengaduknya sepanjang waktu, cukup aduk sesekali di awal, tengah, dan akhir memasak. Jangan lupa, kecilkan api kompor terlebih dahulu supaya tangan tak kepanasan saat mengaduknya.
2. Pastikan takaran air yang digunakan cukup
Ilustrasi merebus pasta
Ilustrasi merebus pasta Foto: Shutter Stock
Salah satu hal terpenting agar permukaan pasta tak lengket adalah menggunakan takaran air yang pas. Pasta yang menempel disebabkan karena kandungan pati dalam air.
Jika Anda memiliki cukup air, konsentrasi patinya akan cukup rendah, mencegahnya menempel satu sama lain. Gunakan empat liter air untuk satu kilogram pasta. Jika kamu memasaknya menggunakan panci yang lebih kecil, dan takaran air yang lebih sedikit, cobalah mengaduknya lebih sering.
ADVERTISEMENT
3. Jangan tambahkan minyak
Ilustrasi pasta
Ilustrasi pasta Foto: Pixabay
Mencampurkan minyak saat merebus pasta mungkin akan membuatnya jadi tak lengket, tapi juga akan membuatnya terlalu licin. Akibatnya, pasta tersebut tak akan menyatu dengan baik saat disajikan bersama saus.
Alih-alih mencampur minyak dalam rebusan pasta, sebaiknya campurkan minyak zaitun saat pasta selesai direbus dan hendak disajikan.
4. Bilas pasta dengan air
Ilustrasi merebus pasta
Ilustrasi merebus pasta Foto: Shutter Stock
Bila tak berniat untuk segera menyajikan pasta begitu selesai direbus, tips yang bisa kamu coba agar teksturnya tak lengket adalah siram dengan air dingin. Air tersebut akan mengurangi kadar pati pada pasta.
Saat ingin menyajikan pasta, baru panaskan kembali dengan cara menumisnya bersama saus.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan