Entertainment
·
3 Mei 2019 11:10

Andre Taulany Dituding Hina Ulama, Parto Sarankan Bertemu dan Berdamai

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Andre Taulany Dituding Hina Ulama, Parto Sarankan Bertemu dan Berdamai (25248)
Andre taulany Foto: IG @andretaulany
Nama Andre Taulany kembali menjadi sorotan. Setelah sebelumnya, istri Andre, Erin Taulany dilaporkan ke polisi karena diduga menghina calon presiden Prabowo Subianto, kini giliran Andre yang ramai dibicarakan di dunia maya.
ADVERTISEMENT
Hal ini mencuat karena Andre Taulany dituding menghina dua ulama, yaitu Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Adi Hidayat, dalam program acara yang dibawakannya bersama Sule.
Andre Taulany Dituding Hina Ulama, Parto Sarankan Bertemu dan Berdamai (25249)
Parto Patrio Foto: Giovanni/kumparan
Dalam acara tersebut Sule sempat bertanya kepada salah satu bintang tamu, YouTuber Jovial da Lopez, tentang merek sepatu yang sering dipakainya. Saat sesi tanya jawab berlangsung antara Sule dan Jovial terkait merek sepatu, Andre pun ikut menimpali.
"Karena memang Le (Sule), merek Adisomad itu sepatu...," kata Andre Taulany.
Video
Ucapan Andre itu langsung membuat netizen geram. Bahkan potongan-potongan video terkait ucapannya itu langsung viral di media sosial. Tagar #AndreTaulanyMakinSongong juga sempat menjadi trending topic di Twitter.
Sahabat Andre, Parto mengaku bahwa dirinya tak bisa menyalahkan salah satu pihak. Sebab, katanya, penafsiran setiap pernyataan datang dari pribadi masing-masing.
ADVERTISEMENT
“Saya juga enggak bisa nyalahin seseorang. Tinggal tergantung kita aja, sih. Penyampaian dan yang nerima gimana,” kata Parto ketika ditemui di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (2/5).
“Penyampaian benar cuma yang nerima salah, ya, itu bikin salah. Penyampaian salah, yang nerima bener, kan, tetap jadi benar,” tambahnya.
Andre Taulany Dituding Hina Ulama, Parto Sarankan Bertemu dan Berdamai (25250)
Andre Taulany di The 90's Festival Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Parto mengaku belum berkomunikasi dengan mantan vokalis Stinky itu terkait ucapannya yang dianggap menghina ulama. Meski begitu, Parto menyarankan Andre Taulany untuk berdamai dengan pihak terkait. Apalagi hal yang sama juga pernah Parto rasakan.
“Saya juga pernah ngalamin gitu, cuma setelah kita bertemu dengan pihak terkait, ya damai aja. Karena kita maksudnya bukan gitu kok, saya pernah ngalamin seperti itu,” tutur Parto.
ADVERTISEMENT
Parto menilai, kesalahan penyampaian dan penerimaan yang terjadi merupakan risiko dari seorang komedian. Apalagi dalam beberapa kesempatan, seorang komedian harus mencari diksi-diksi yang lucu, cerdas, dan tak menyinggung pihak manapun.
“Ya tergantung, kalau lagi main di IG (Instagram) atau apapun, jarimu adalah harimaumu. Kalau di TV, ya mulutmu harimaumu, tergantung di mana kita main,” tutup Parto.
Andre Taulany Dituding Hina Ulama, Parto Sarankan Bertemu dan Berdamai (25251)
Andre Taulany di The 90's Festival Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Andre Taulany sebelumnya telah mengungkapkan bahwa ia tidak mungkin menghina ustaz ataupun ulama. Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk mencoba berpikir positif sebelum melontarkan tudingan-tudingan yang menyudutkan dirinya.
"Ya Allah, semoga Allah membukakan yang sebenar-benarnya. Saya pasrahkan sama Allah saja karena hanya Allah yang tahu maksud dari isi hati dan perkataan saya," kata Andre dalam pesan singkat kepada kumparan, Kamis (2/5).
ADVERTISEMENT
"Coba deh ditonton yang versi full. Di situ saya bilang 'Memang Le, merek adisomad itu bagus'. Coba di mana kata menghinanya. Dan tidak ada menyebut kata ustaz," lanjutnya.
Meski demikian, Andre meminta maaf jika ucapannya tersebut membuat banyak pihak menjadi salah paham bahkan tersinggung. "Saya juga mohon maaf kalau memang ada yang berbeda paham menanggapinya dan mungkin ada yang tersinggung. Karena demi Allah saya tidak ada niat sedikitpun utk menghina siapapun," tutupnya.