kumparan

Cerita Indah Kalalo Jalani Puasa di Bali Bersama Keluarga

Indah Kalalo
Indah Kalalo. Foto: Giovanni/kumparan
Pemain film sekaligus model, Indah Kalalo sejak beberapa tahun terakhir sudah menetap di Bali bersama suami, Ibrahim Justin Werner, dan buah hati mereka. Lantaran hal itu, Indah harus melewati puasa di sana.
ADVERTISEMENT
Indah merasakan tantangan saat menjalani puasa di Bali. Hal ini lantaran tak banyak yang menjalani ibadah puasa di sana.
“Ya, kita justru di situ lebih banyak tantangannya, ya karena lebih susah, karena di sana enggak ada yang puasa. Jadi, kuat-kuatan kita aja,” kata Indah ketika ditemui di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (1/5).
Indah Kalalo
Model dan aktris, Indah Kalalo. Foto: Munady Widjaja/kumparan
Setelah menikah, Indah Kalalo dikarunai tiga anak, yakni Ayanna Rose Werner, Byron Benjamin Werner, dan Tigerlily Grace Werner. Ia mengaku belum membiasakan mereka menjalani ibadah puasa karena usia mereka yang masih terbilang kecil. Namun, sejak dini, ia memang sudah mulai memperkenalkan suasana Ramadhan bagi anak-anaknya.
“Iya dong, setiap lebaran juga ikut merayakan, ikut Salat Id. Dari kecil udah merasakan juga. (Sahur) Ikut dong. Saya ajak salat juga, kok. Anak-anak ngeliat,” ucap Indah.
Indah Kalalo
Indah Kalalo Foto: Munady/kumparan
Tak hanya anak-anak, Indah juga masih terus membimbing sang suami yang seorang mualaf dalam hal ibadah. Terkait puasa, ia mengatakan meski masih bolong-bolong, hal itu tidak menjadi tantangan bagi sang suami.
ADVERTISEMENT
“Boro (full), enggak. Dia sih kebetulan emang enggak makan pagi dan siang, sebenarnya puasa itu gampang, tapi susahnya salatnya masih belajar lah,” ujar Indah.
Menurut Indah, sang suami tidak memiliki menu khusus ketika berbuka puasa maupun sahur. “Suami ku mah makan apa aja sih bisa. Dia orangnya santai, enggak neko-neko, menunya sama terus tiap hari yang penting ada ayam bakar sama salad,” lanjutnya.
Perempuan 38 tahun ini mengaku enggan menggurui sang suami terkait agama. Sebab, ia sendiri masih harus banyak belajar.
“Aku masih dalam tahap lead by example. Kalau sayanya udah beres baru nanti suami insyaallah ngikut, tapi kalau enggak, ya mau gimana lagi. Kita aja dulu yang diberesin enggak usah ngurusin orang lain,” tuturnya.
ADVERTISEMENT
Menurut Indah Kalalo, hal itu juga ia terapkan pada buah hatinya. Ia memberi kebebasan kepada mereka.
“Pokoknya yang jelas hati, ya harus baik, harus belajar yang rajin. Saya mah yang basic aja, enggak terlalu yang harus salat lima waktu, baca Quran, masih kecil. Nanti aja dia belajar sendiri agamanya sendiri, aku enggak akan paksain,” tutup Indah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan