kumparan
1 Oktober 2018 18:55

Menyandingkan Karier Morgan Oey dan Rafael 'SMASH'

 Morgan Oey, Rafael Landry Tanubrata
Morgan Oey dan Rafael Landry Tanubrata (Foto: Munady Widjaja)
Nama Morgan Oey dan Rafael Tan pertama kali dikenal publik lewat boyband SMASH. Akhir tahun 2013, Morgan memutuskan untuk keluar dari boyband yang membesarkan namanya itu. SMASH memutuskan untuk vakum.
ADVERTISEMENT
Selepas dari SMASH, Morgan mulai mengembangkan bakat di luar menyanyi dan bermusik. Hal senada juga dilakukan oleh Rafael.
Kali ini, kumparan menyandingkan Morgan dan Rafael dalam beberapa aspek. Berikut ulasannya.
1. Karier solo
Morgan Oey
Morgan Oey (Foto: Munady)
Morgan Oey mengundurkan diri dari SMASH pada 2013 untuk alasan pendidikan. Namun, tak lama setelah resign, Morgan memerankan tokoh Dokter Morgan di sinetron 'Surat Kecil Untuk Tuhan: The Series' (2013).
Setelah tidak tergabung di SMASH, pria kelahiran Singkawang, Kalimantan Barat itu memang memilih vakum dari dunia tarik suara dan terjun ke dunia seni peran. Meski begitu, Morgan 'terpaksa' harus menjadi pengisi soundtrack film ‘Arini: Masih Ada Kereta yang Akan Lewat’ yang tayang beberapa bulan lalu.
ADVERTISEMENT
Pemilik nama asli Handi Morgan Winata itu menyanyikan dua lagu, ‘Do You Really Love Me?’ karya Bebi Romeo dan ‘Mencintaimu’ milik Krisdayanti. Morgan pun mengaku tak pernah menyangka bisa dipercaya lagi untuk bernyanyi.
"Aku sebenarnya enggak kepikiran untuk balik lagi ke dunia musik. Karena nyaman di dunia akting dan nyaman harus ngejar lagi ilmu di dunia akting. Tapi dikasih kepercayaan untuk balik lagi ke dunia musik,” ujar Morgan saat ditemui beberapa waktu lalu di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.
 Rafael 'SM*SH'
Rafael 'SM*SH' (Foto: Munady Widjaja)
Lain dari Morgan, Rafael terus memperkuat SMASH hingga vakum pada 2015. Di sisi lain, Rafael kerap menjadi presenter acara musik televisi bersama Rangga, sahabatnya di SMASH.
Pada 2017, Rafael mulai berkarier solo dan menelurkan single bertajuk 'Impresi'. Tahun ini, pria yang diketahui sedang menjalin hubungan asmara dengan perempuan bernama Elsa Diandra itu kembali merilis sebuah single berjudul ‘Fallin’.
ADVERTISEMENT
Bersama SMASH, pria kelahiran 6 November 1986 itu sempat menyanyikan lagu ‘I Heart You’ yang memadukan lirik bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk single ‘Fallin’, Rafael sama sekali tidak menyisipkan lirik bahasa Indonesia.
Selain itu, seolah ingin menghilangkan gaya boyband Korea yang digunakannya selama menjadi anggota SMASH, Rafael menyelipkan unsur musik RnB yang lembut khas penyanyi-penyanyi kulit hitam AS era '90-an hingga 2000-an, seperti Boyz II Men, Brian McKnight, dan Seal. Rafael juga membalut single ‘Fallin’ dengan musik elektronik digital ala milenial.
2 . Karier di luar dunia tarik suara
Morgan Oey
Morgan Oey ketika ditemui awak media, Jakarta, Sabtu (08/09/2018). (Foto: Munady Widjaja)
Usai bermain di sinetron 'Surat Kecil Untuk Tuhan: The Series', Morgan kian kebanjiran tawaran syuting. Terhitung sejak 2014 hingga sekarang, Morgan telah bermain dalam 11 film.
ADVERTISEMENT
Dalam satu tahun, Morgan bahkan selalu bermain di lebih dari satu judul. Pada 2016 dan 2017, Morgan bermain di tiga film, sedangkan tahun ini Morgan bermain di dua film.
Morgan masuk sebagai nomine di ajang penganugerahan film bergengsi. Pada 2016, Indonesia Box Office Movie Awards memasukkan Morgan sebagai nominasi 'Pemeran Pendukung Pria Terbaik' dari film 'Ngenest' dan 'Air Mata Surga'. Pada 2017, Festival Film Bandung menjadikan Morgan nominasi 'Pemeran Utama Pria Terpuji Kategori Film' dari 'Sweet 20'.
Rafael Landry Tanubrata
Rafael Landry Tanubrata. (Foto: Munady Widjaja)
Rafael mulanya tidak mengikuti jejak Morgan bermain film. Ia malah asyik menjadi presenter di berbagai acara televisi, seperti 'Inbox', 'The Dance Icon Indonesia', dan 'D Academy Celebrity'.
Sempat menjadi pemeran pendukung di sinetron 'Ganteng Ganteng Serigala', Rafael kemudian banyak dipercaya sebagai bintang utama di FTV, termasuk 'Suster Cantik Perawat Cintaku', 'Cantik Cantik Copet', dan 'Gowes Sepeda Dapat Cinta'. Pada 2016, Rafael baru memerankan tokoh pendukung di film 'Maju Kena Mundur Kena Returns', disusul dengan film 'Bluebell (2017).
ADVERTISEMENT
Tahun ini, Rafael kembali fokus bermusik dan tidak mengambil tawaran sinetron atau film. Ia juga kembali bermusik bersama SMASH.
3. Kisah asmara
Morgan Oey, Pemain Film, Belok Kanan Barcelona
Pemain film ‘Belok Kanan Barcelona’, Morgan Oey, Jakarta, Kamis (13/9/2018). (Foto: Munady Widjaja)
Sejak berkarier di industri hiburan Indonesia, Morgan sama sekali tidak pernah digosipkan menjalin hubungan asmara. Ia lebih ramai diperbincangkan karena kepiawaiannya dalam bernyanyi dan berakting di layar lebar.
Film 'Arini' kemudian membuat Morgan ramai dijodoh-jodohkan dengan sosok Aura Kasih. Namun, keduanya tak benar-benar berpacaran dan hanya menjalin hubungan pertemanan.
Rafael Smash
Rafael Smash. (Foto: Garin Gustavian Irawan/kumparan)
Mulanya Rafael sama seperti Morgan yang jarang mempertontonkan kisah asmaranya ke hadapan publik. Sejak masih memperkuat SMASH hingga berkarier solo, Rafael jauh dari gosip-gosip miring terkait hubungan asmara.
Namun, Rafael mulai berani memberitahukan pada masyarakat sosok kekasihnya, yakni Elsa Diandra. Rafael dan Elsa pun kerap mengunggah foto mesra di media sosial dan sepertinya mereka siap untuk melangkah ke jenjang pernikahan.
ADVERTISEMENT
Melihat sosok Morgan Oey dan Rafael, siapa di antara keduanya yang menjadi favorit kamu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan