kumparan
11 November 2019 18:18

Robby Purba Bantah Sebut Ruben Onsu di Video Rumah Makan 'Penglaris'

PTR, Jordi Onsu, Minola Sebayang, Polda Metro Jaya
Jordi Onsu menunjukkan surat tanda bukti lapor di Polda Metro Jaya. Foto: Aria Pradana/kumparan
Adik Ruben Onsu, Jordi Onsu, dengan didampingi kuasa hukum, Minola Sebayang, melaporkan akun YouTube Hikmah Kehidupan. Akun tersebut dilaporkan atas tuduhan pencemaran nama baik melalui media sosial.
ADVERTISEMENT
Dalam video tersebut menampilkan presenter Robby Purba sebagai host, Roy Kiyoshi serta Ephien, seorang anak Indigo yang membahas tentang ciri-ciri restoran yang menggunakan penglaris.
Di video tersebut dikatakan terdapat penyebutan secara gamblang nama Ruben Onsu.
"Ini seperti pembunuhan karakter terhadap perusahaan dan seluruh karyawan, serta berpotensi menimbulkan kekhawatiran bagi pelanggan," kata Jordi Onsu saat ditemui usai membuat laporan di Polda Metro Jaya.
Robby Purba
Robby Purba. Foto: Munady Widjaja
Menanggapi hal ini, Robby Purba menjelaskan awalnya ia mengunggah video di kanal YouTube miliknya dengan judul 'Roy Kiyoshi Beberkan 5 Ciri-ciri Warung Makan yang Pakai Penglaris - Ba'da Maghrib #12'.
Hanya saja, di video yang ia unggah, tidak pernah menyebutkan nama seseorang, melainkan hanya restoran berinisial 'G'.
ADVERTISEMENT
Namun saat video tersebut diunggah ulang di kanal Hikmah Kehidupan, tiba-tiba terdapat penyebutan secara gamblang nama Ruben Onsu.
“Jadi memang ini ada orang yang memanfaatkan sih, ya. Memanfaatkan dan mengedit video aku, sama Ephien di Youtube aku. Jadi, intinya sih memang di situ tidak pernah kami menyebutkan nama artis, cuma inisial nama restoran saja,” kata Robby saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (11/11).
Robby menekankan, video yang diunggah di YouTube channelnya itu tidak berkaitan dengan bisnis kuliner milik Ruben Onsu. Pria 33 tahun ini berharap pelaku bisa mendapat tindakan tegas.
“Tidak ada sama sekali menyangkut dengan usaha Ruben dan keluarga,” ucap Robby.
POTRAIT, Ruben Onsu dan Jordi Onsu
Ruben Onsu dan Jordi Onsu saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (7/11). Foto: Alfadillah/kumparan
Robby mengatakan bahwa ia merupakan korban, karena potongan video tersebut diambil dari YouTube Channel miliknya.
ADVERTISEMENT
“Karena video aku yang sebenarnya tidak pernah menyebutkan nama artis, itu diedit seperti itu,” ujar Robby.
Setelah timbul permasalahan, Robby dan Ephien berencana untuk membuat video klarifikasi terkait inisial yang disebutkan dalam videonya.
Well aku sama Ephien pastinya, tapi kalau untuk langkahnya Roy aku tidak tahu seperti apa. Jadi aku nanti akan diskusi sama tim manajemen, kebetulan 'kan Youtube Channel aku itu di bawah manajemen aku,” tutup Robby Purba.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan