kumparan
Entertainment18 Desember 2019 16:43

Zul ‘Zivilia’ Divonis 18 Tahun Penjara

Konten Redaksi kumparan
Zul Zivilia, PN Jakarta Utara, POTRAIT
Tersangka kasus penyalahgunaan narkoba Zul Zivilia bersiap untuk menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara akhirnya memberikan vonis putusan atas kasus narkotika yang melibatkan musisi Zul 'Zivilia'.
ADVERTISEMENT
Dalam sidang yang digelar Rabu (18/12), Zul terlihat tenang bersama dengan ketiga terdakwa lainnya. Mereka duduk di kursi pesakitan seraya menunggu hakim membacakan vonis putusannya.
Sementara istri Zul 'Zivilia', Retno Paradinah, terlihat sangat gugup dan resah mendengar putusan yang akan dibacakan majelis hakim. Retno juga sempat menengkupkan tangannya seolah tak henti memanjatkan doa untuk Zul.
Vonis Kasus Narkoba Zul Zivilia
Vonis Kasus Narkoba Zul ‘Zivilia’ (peci putih) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (18/12). Foto: Giovanni/kumparan
Kala hakim membacakan lembar putusan, Zul tampak memperhatikan poin demi poin yang dibacakan. Saatnya putusan dibacakan, Zul terlihat begitu fokus memperhatikan vonis yang disampaikan hakim.
Dalam isi putusannya, hakim menilai tindakan yang dilakukan Zul telah menimbulkan peredaran narkoba dalam skala yang besar. Hal ini juga berlaku bagi keempat terdakwa lain.
“Yang memberatkan perbuatan para tersangka, dapat menimbulkan peredaran narkoba dalam skala yang besar,” ucap Hakim Ketua, Tiares Sirait, di sela sidang.
ADVERTISEMENT
Lantaran tidak pernah terlibat kasus hukum, hakim pun memberikan pertimbangan putusan kepada Zul dan tiga terdakwa lainnya agar menjadi lebih ringan.
“Terdakwa dua, tiga, dan empat masih muda dan tidak pernah terlibat kasus hukum,” lanjutnya.
Zul ‘Zivilia’ Jelang Sidang Tuntutan
Zul ‘Zivilia’ jelang sidang tuntutan, Senin (21/10/2019). Foto: Giovanni/kumparan
Suasana semakin tegang saat poin pembacaan vonis putusan akan disebutkan majelis hakim. Zul pun diminta berdiri untuk mendapatkan vonis hukumannya.
“Menjatuhkan terdakwa Zulkifli alias Zul bin Muhammad Djamaluddin dengan penjara 18 tahun dan denda Rp 1 miliar atau pidana satu tahun,” tandas Hakim Ketua, Tiares Sirait.
Istri Zul, Retno, yang sejak awal tak bisa menahan tangis, tampak termenung mendengar putusan tersebut.
Keduanya sempat bersinggungan namun tak saling bicara, usai sidang selesai dan Zul 'Zivilia' kembali digiring ke dalam ruang tahanan pengadilan.
Rilis Pengungakapan kasus narkoba, Zulkifli
Rilis pengungkapan kasus narkoba yang menjerat artis Zulkifli (tengah) di Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (8/3). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Zul 'Zivilia' ditangkap jajaran Ditresnarkoba Polda Metro Jaya pada 1 Maret lalu, di apartemen yang berada di kawasan Jakarta Utara. Ia ditangkap bersama tiga orang lainnya.
ADVERTISEMENT
Pada saat menangkap Zul, pihak kepolisian mengamankan barang bukti berupa 9,5 kilogram sabu, 24 ribu butir ekstasi, dan uang Rp 1,4 juta.
Kemudian pada sidang tuntutan, Senin (9/12) lalu, jaksa menuntut Zul 'Zivilia' dengan pidana penjara seumur hidup.
Kemudian pada Senin (16/12), pria asal Kendari, Sulawesi Tenggara, itu membacakan nota pembelaannya (pleidoi) di depan majelis hakim, dan meminta untuk dihukum seringan-ringannya.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan