kumparan
6 April 2019 12:29

13 Tanda Mual saat Hamil yang Tak Wajar dan Perlu Diwaspadai

Ilustrasi ibu hamil mual
Ilustrasi ibu hamil mual Foto: Shutterstock
Sebagian besar wanita mengalami mual saat hamil. Kondisi ini sangat normal dan wajar terjadi, Moms. Biasanya mual dirasakan ibu ketika usia kandungannya sudah menginjak minggu kelima atau keenam kehamilan.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, calon ibu tetap perlu memperhatikan kondisi mualnya. Bila mual disertai dengan muntah-muntah yang parah misalnya, mungkin Anda mengalami Hyperemesis Gravidarum (HG) yaitu mual disertai muntah yang berlebihan selama kehamilan.
Bila ditangani dengan baik, HG sama sekali tidak membahayakan janin. Hanya saja, kondisi ini membuat calon ibu merasa tidak nyaman. Penderita HG ringan bisa diatasi dengan cara istirahat yang cukup, dan menjaga pola makan.
Sedangkan pada penderita HG yang berat harus mendapatkan perawatan medis secara khusus di rumah sakit untuk mengembalikan cairan dan nutrisi tubuh yang banyak hilang akibat muntah-muntah, serta mencegah timbulnya komplikasi lebih lanjut yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.
Nah, berikut adalah tanda-tanda mual saat hamil yang berlebian atau tak wajar. Apa saja?
Ilustrasi ibu hamil mual
Ilustrasi ibu hamil mual Foto: Shutterstock
1. Mual dan muntah parah
ADVERTISEMENT
2. Benci terhadap makanan
3. Berat badan turun
4. Mudah lelah
5. Tekanan darah rendah
6. Denyut jantung berdegup kencang
7. Kebingungan
8. Dehidrasi
9. Sakit kepala
10. Pingsan
11. Depresi
12. Kram Berlebihan di Perut
13. Mengalami ketosis yaitu kekurangan glukosa
Apabila mendapati ciri-ciri di atas, sebaiknya jangan abaikan rasa mual saat hamil yang Anda alami dan segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan solusi yang tepat .
------------------------------------
Masih ada artikel-artikel seputar rasa mual selama hamil yang kumparanMOM siapkan untuk Anda. Agar betul-betul paham, yuk baca habis semuanya!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan