Mom
·
17 Juli 2021 16:58
·
waktu baca 2 menit

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Jelang Persalinan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Jelang Persalinan (36138)
searchPerbesar
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Jelang Persalinan Foto: Kwangmoozaa/Shutter Stock
Menjelang persalinan, wajar bila ibu hamil merasa cemas atau khawatir. Apalagi, jika ini adalah pengalaman pertama Anda melahirkan. Ya Moms, agar Anda lebih rileks, penting untuk mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan ibu hamil menjelang persalinan.
ADVERTISEMENT
Dengan mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan menjelang persalinan, hal itu biasanya bisa membuat proses melahirkan lebih mudah. Anda juga bisa mengatasi rasa sakit dengan lebih tenang.
Lantas, apa saja yang tidak boleh dilakukan ibu hamil jelang persalinan? Berikut penjelasannya, Moms.

Penjelasan soal Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Jelang Persalinan

1. Stres
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Jelang Persalinan (36139)
searchPerbesar
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Jelang Persalinan Foto: Freepik
Ya, menjelang persalinan, ibu hamil tidak boleh stres. Sebab, stres menyebabkan ketegangan dan akhirnya Anda tidak bisa mengatasi rasa sakit dengan baik. Jadi, pastikan orang-orang di sekitar Anda memberikan dukungan, sehingga membuat Anda menjadi lebih nyaman.
2. Makan Makanan Berminyak
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Jelang Persalinan (36140)
searchPerbesar
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Jelang Persalinan Foto: Shutterstock/54613
Menjelang persalinan, penting bagi ibu hamil untuk makan makanan ringan. Apalagi pencernaan akan melambat selama persalinan, sehingga Anda membutuhkan makanan yang ringan dan mengenyangkan. Jadi hindari makanan berat dan berminyak, karena sangat sulit dicerna oleh tubuh Anda, Moms. Lebih baik makan camilan seperti buah, granola, keju, atau yogurt.
ADVERTISEMENT
3. Dehidrasi
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Jelang Persalinan (36141)
searchPerbesar
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Jelang Persalinan Foto: Shutterstock
Tidak minum cukup air dan mengalami dehidrasi dapat menyebabkan masalah dalam persalinan. Sebab, ketika Anda mengalami dehidrasi, rahim tidak berkontraksi dengan baik. Apalagi setiap sel dalam tubuh Anda bergantung pada air agar bisa berfungsi dengan baik.
Namun, Anda tidak perlu minum air langsung banyak, jadi minumlah sedikit demi sedikit. Anda juga bisa minum minuman elektrolit yang rendah gula. Mengutip We Have Kids, minum minuman dengan elektrolit bisa membuat ibu hamil tetap terhidrasi dan memberikan energi menjelang persalinan.
4. Malas Olahraga
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Jelang Persalinan (36142)
searchPerbesar
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Jelang Persalinan Foto: Shutterstock
Persalinan sering kali membutuhkan kekuatan dan stamina, jadi penting untuk mempersiapkan tubuh Anda dengan berolahraga. Olahraga selama kehamilan juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Ada banyak olahraga yang bisa Anda lakukan, seperti yoga, berenang, atau sekadar berjalan santai di sekitar rumah.
ADVERTISEMENT
5. Tidak Mengatur Napas
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Jelang Persalinan (36143)
searchPerbesar
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Jelang Persalinan Foto: Shutterstock
Menggunakan teknik pernapasan dapat membantu menenangkan saraf dan mengontrol rasa sakit Anda menjelang persalinan. Jadi pelajari beberapa teknik relaksasi dan pernapasan, supaya Anda bisa lebih tenang ketika persalinan akan datang.
Apalagi beberapa ibu merasa tegang dan ketakutan menjelang persalinan, yang menyebabkan mereka bernapas terlalu cepat. Sehingga menurut Baby Chick, ini dapat menyebabkan pusing, mati rasa, dan kesemutan pada tangan, kaki, dan atau wajah, bahkan pingsan, Moms.