kumparan
search-gray
Mom18 Mei 2019 19:45

5 Jenis Gendongan yang Aman dan Nyaman untuk Bayi

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi Gendongan Bayi
Ilustrasi gendongan bayi. Foto: Shutter Stock
Gendongan bayi kini semakin banyak ragam dan jenisnya. Ada yang bisa menggendong bayi dengan posisi di samping, di depan, ataupun di belakang. Meski begitu, memilih gendongan bayi tetap tidak boleh sembarangan, Moms.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih gendongan bayi. Misalnya saja, menyesuaikan dengan usia si kecil dan memilih bahan yang nyaman untuk menggendong bayi.
Berikut adalah 5 jenis gendongan bayi yang disarankan oleh ahli yang bisa jadi referensi Anda. Jenis-jenis gendongan ini dirangkum kumparanMOM dari laman resmi Babywearing International. Apa saja?
1. Wraps
Ibu menggendong bayi.
Ibu menggendong bayi. Foto: Shutterstock
Wraps adalah jenis gendongan tradisional yang paling banyak digunakan ibu. Sebab gendongan jenis ini paling sederhana dibandingkan dengan lainnya. Wraps dapat digunakan untuk menggendong bayi hingga balita dalam berbagai posisi baik di depan maupun di pinggul.
2. Ring Sling
Gendongan jenis ring sling.
Gendongan jenis ring sling. Foto: Shutterstock
Ring sling adalah gendongan yang bisa digunakan sejak bayi baru lahir dengan cradle position dan M-Shape position. Gendongan jenis ini memiliki dua buah lingkaran berbahan besi atau plastik dan menempel pada salah satu ujungnya. Kedua ring ini berfungsi sebagai simpul untuk mengikat gendongan.
ADVERTISEMENT
Bila Anda termasuk salah satu orang tua yang gemar dengan gendongan jenis ini, pastikan saat membelinya memilih ring sling yang terbuat dari bahan nilon atau alumunium yang telah teruji keamanannya.
3. Pouch Sling
Pouch sling adalah gendongan berbentuk selembar kain yang kedua ujungnya dijahit. Gendongan pouch sling tidak bisa digunakan untuk bayi baru lahir Moms. Gendongan ini baru bisa digunakan saat si kecil sudah menginjak usia 4 bulan hingga 5 tahun. Satu kelebihan pouch sling adalah tidak melar dan sangat nyaman ketika digunakan. Karenanya, sebelum membeli pastikan dulu ukurannya pas buat Anda, Moms.
4. Meh Dai
Meh Dai atau yang sering disebut bei dai adalah gendongan pengembangan dari model gendongan tradisional Cina. Gendongan ini dapat digunakan sejak bayi baru lahir. Yang menjadi kelebihan gendongan ini adalah terasa ringan bila digunakan dan si penggendong tidak terasa pegal saat menggendong.
ADVERTISEMENT
Sayangnya gendongan jenis Meh Dai ini disarankan hanya digunakan oleh orang tua atau pengasuh yang sudah berpengalaman dalam menggendong, karena penggunaannya memerlukan keahlian khusus.
5. Buckles Carriers
Ilustrasi Gendongan Buckle Carriers
Ilustrasi gendongan Buckle Carriers. Foto: Shutter Stock
Buckles carriers adalah gendongan yang juga banyak dipilih orang tua dan pengasuh, Moms. Selain nyaman, gendongan jenis ini juga mudah digunakan. Buckles carriers dapat digunakan di berbagai posisi baik depan, belakang atau pun di pinggul.
---------------------------------------------------------
Masih ada artikel-artikel seputar Gendongan Bayi yang kumparanMOM siapkan untuk Anda. Agar betul-betul paham, yuk baca habis semuanya!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white