kumparan
search-gray
Mom3 Juni 2018 11:07

8 Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil

Konten Redaksi kumparan
8 Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil (813723)
Ibu hamil olahraga. (Foto: Pixabay )
Ibu hamil biasanya membatasi ruang geraknya dalam beraktivitas untuk menjaga keamanan dan keselamatan bayi di dalam kandungan. Salah satu aktivitas yang biasanya dihindari adalah olahraga.
ADVERTISEMENT
Padahal, olahraga saat hamil sebenarnya punya banyak manfaat untuk kesehatan ibu dan janin. Tapi ada baiknya, Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk menentukan olahraga apa yang bisa dilakukan selama hamil. Jika sudah mendapat lampu hijau untuk berolahraga, jangan lupa untuk mematuhi aturan olahraga bagi ibu hamil.
Berikut beberapa manfaat olahraga bagi ibu hamil yang kumparanMOM rangkum untuk Anda:
1. Menguatkan jantung ibu hamil
8 Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil (813724)
Olahraga saat hamil (Foto: Thinkstock)
Menjaga kesehatan jantung selama masa kehamilan sangat penting dilakukan untuk memudahkan proses mengejan saat bersalin nanti
2. Melancarkan peredaran darah
Olahraga saat hamil bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh agar kaki, wajah dan bagian tubuh lainnya tidak mengalami pembengkakan yang terlalu serius. Olahraga juga mampu mengurangi risiko kram dan varises pada kaki ibu.
ADVERTISEMENT
3. Mengutkan otot
Olahraga mampu menguatkan otot-otot ibu hamil agar tidak lemah, tidak mudah terasa pegal, tidak kaku dan membantu Anda cepat pulih saat melahirkan normal nanti.
4. Penyerapan kalsium
8 Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil (813725)
Olahraga saat hamil (Foto: Thinkstock)
Penyerapan kalsium yang baik bermanfaatkan bagi kesehatan tulang, gigi dan juga membantu Anda mempersiapkan masa menyusui.
5. Mencegah konstipasi
Olahraga mampu mengaktifkan otot-otot, termasuk otot di usus sehingga lebih lentur dan tidak tegang sehingga dapat mencegah timbulnya sembelit saat hamil.
6. Membangkitkan mood ibu hamil
8 Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil (813726)
Ibu Hamil olahraga (Foto: Thinkstock)
Ibu hamil rentan terkena mood swing. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan rutin berolahraga. Hal tersebut dikarenakan, saat Anda sedang berolahraga, tubuh akan melepas hormon yang membuat hati menjadi senang.
ADVERTISEMENT
7. Menguatkan ingatan ibu
Olahraga dapat meningkatkan jumlah neurogenesis, yaitu sel saraf yang berhubungan dengan memori jangka pendek.
8.Mengembalikan berat badan setelah bersalin
8 Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil (813727)
Olahraga saat hamil (Foto: Thinkstock)
Rajin berolahraga selama hamil membuat penambahan lemak di dalam tubuh sedikit. Jika Anda tidak mengalami kelebihan berat badan selama hamil, maka Anda akan lebih mudah mengembalikan bentuk tubuh ideal setelah melahirkan nanti.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white