kumparan
5 November 2019 10:39

Alasan Bayi Suka Gigit Puting Ibu saat Menyusu

Menyusui potrait
Ilustrasi ibu menyusui bayinya. Foto: Shutterstock
Proses menyusui tak hanya sekadar pemberian makan bagi bayi, tapi juga jadi ajang membangun ikatan kasih sayang.
ADVERTISEMENT
Namun, harus diakui bahwa tidak selamanya proses menyusui itu berjalan mulus. Ya Moms, salah satunya ketika bayi mulai suka menggigit puting saat menyusu. Walau itu adalah hal yang normal, tapi tetap saja menyakitkan!
Lalu, kenapa ya bayi suka menggigit puting ibu ketika sedang menyusu?
menyusui bayi
menyusui bayi Foto: Shutterstock
Parenting FirstCry melansir, ada banyak alasannya, Moms. Selain karena mulut bayi tidak menempel dengan benar ke payudara, bisa jadi karena posisi menyusui yang tak tepat. Adapun alasan lainnya yang membuat bayi menggigit ketika menyusu antara lain:
- Tumbuh gigi. Ya, tumbuh gigi bisa menjadi penyebab utama si kecil suka menggigit ketika menyusu. Saat ia menggigit puting, kemungkinan ia sedang mencari bantuan dari rasa sakit dan gatal ketika giginya tumbuh.
ADVERTISEMENT
- Ada yang mengalihkan perhatiannya. Ketika bayi semakin besar, ia akan semakin malas untuk menyusu ASI. Jika ada sesuatu yang mengalihkan perhatiannya, ia akan lupa bahwa sedang dalam kondisi menyusu. Inilah yang kadang membuat bayi tidak sengaja menarik puting payudara Anda.
menyusui bayi
Ilustrasi pelekatan saat menyusui bayi Foto: Shutterstock
- Ingin minum banyak ASI. Penyebab lainnya, karena ia menginginkan susu lebih banyak, maka dengan menggigit puting harapannya produksi ASI menjadi deras.
- Mengantuk. Seorang bayi mungkin secara tidak sengaja akan menggigit puting ketika menyusu karena ia mengantuk, Moms. Namun di waktu yang bersamaan, ia juga enggan melepas puting dari mulutnya.
- Tanda kasih sayang. Jangan berburuk sangka dulu ya, Moms. Mungkin si kecil suka menggigit puting karena itu bentuk kasih sayangnya kepada Anda. Dia sangat menyukai momen menyusui sehingga ia pun sulit untuk melepasnya dan merasa gemas.
ADVERTISEMENT
Lantas jika bayi sudah tumbuh gigi, apakah harus tetap menyusui?
ibu menyusui potrait
Ilustrasi bonding ayah ketika bayi menyusu. Foto: Shutterstock
Jawabannya adalah ya, Anda harus tetap menyusui eksklusif selama 6 bulan dan pemberiannya dapat dilanjutkan hingga 2 tahun.
Bila Anda tidak ingin rasa nyeri karena si kecil menggigit puting, sebaiknya perhatikan posisi ketika menyusui sudah benar atau belum. Jika posisi sudah benar, biasanya ibu tidak akan merasakan kesakitan. Untuk mengetahui solusi lainnya, bisa Anda dapatkan pada tautan di sini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan