kumparan
17 Juli 2019 8:58

Kenapa Bayi Perlu Diajak Ngobrol?

Ibu dan bayi.
Ibu dan bayi. Foto: Shutterstock
Tak ada bayi yang langsung bisa bicara sejak dilahirkan. Bayi perlu belajar secara bertahap hingga mampu mengucapkan kata pertamanya saat menginjak usia 9 hingga 12 bulan. Meski begitu, sejak baru lahir bahkan sejak masih di dalam kandungan, sebaiknya Anda sering-sering mengajak bayi bicara atau ngobrol lho, Moms! Hal ini penting dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang bayi.
ADVERTISEMENT
Mengutip laman Raising Children, setidaknya ada 3 alasan kenapa bayi perlu diajak ngobrol, Moms.
Yang pertama, untuk membuat dasar ikatan emosional ibu dan anak. Karena dengan rutin mengajak bayi ngobrol bisa membuat bayi merasakan pentingnya kehadiran Anda di dalam hidupnya.
vtzyhauidxnwmn543eqg.jpg
ilustrasi ibu dan bayi Foto: Thinkstock
Memang, bayi mungkin belum mengerti sepenuhnya apa yang Anda katakan, namun jangan hentikan obrolan Anda. Percayalah, si kecil pasti senang tiap saat mendengarkan suara, memerhatikan ekspresi atau senyuman Anda padanya selama acara obrolan berdua itu. Perhatikan juga, biasanya bayi akan merespons dengan berkedip, menoleh, tersenyum kembali atau bahkan tertawa.
Ibu dan bayi
ibu mengajak bayi ngobol sambil bermain Foto: Shutterstock
Alasan yang kedua, mengajak bayi ngobrol akan membangun kemampuannya untuk mendengar dan bicara. Mereka akan belajar berbicara dengan meniru suara yang didengarnya dan memerhatikan gerak bibir saat Anda mengucapkannya.
ADVERTISEMENT
Itulah kenapa, bayi yang sering diajak ngobrol akan lebih cepat menguasai kemampuan lain. Misalnya kemampuan berinteraksi dengan orang lain, hingga kemampuan menghitung dan menulis. Ini semua karena sejak kecil ia sudah terbiasa merespons hal-hal di sekitarnya.
Bayi sehat dan ceria
Ilustrasi bayi yang sehat sedang tersenyum Foto: Shutterstock
Alasan yang ketiga, mengajak ngobrol bayi artinya membantu perkembangan otaknya. Semakin sering diajak ngobrol, semakin neuron-neuron di dalam otaknya bertambah dan terhubung dengan baik. Ini akan sangat berpengaruh pada kecerdasan anak hingga prestasinya kelak di sekolah.
Jadi, jangan ragu lagi untuk sering-sering mengajak bayi ngobrol ya, Moms! Lakukan setiap hari, kapan saja dan di mana saja. Tidak usah bingung, mulai saja dari membicarakan keseharian Anda atau apa yang akan Anda lakukan bersamanya. Tanpa terasa, si kecil akan tumbuh dengan cepat dan betul-betul bisa jadi teman ngobrol seru Anda.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan