Mom
·
11 Agustus 2020 16:56

Arti Nama Panembahan Al Nahyan Nasution, Cucu Keempat Presiden Jokowi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Arti Nama Panembahan Al Nahyan Nasution, Cucu Keempat Presiden Jokowi (40923)
Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution Foto: Instagram/@dierabachir
Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, telah melahirkan anak keduanya pada Senin (3/8) lalu. Istri Bobby Nasution ini melahirkan seorang bayi berjenis kelamin laki-laki dengan berat 3,4 kilogram dan tinggi 49,5 cm lewat operasi caesar.
ADVERTISEMENT
Usai melahirkan, baik Bobby maupun Kahiyang belum mengumumkan siapa nama putra mereka. Namun, melalui akun Instagram-nya pada Senin (10/8) malam, Bobby mengumumkan siapa nama anak laki-lakinya tersebut.
"Halo om, tante, kakak & abang semuanya...Kenalkan namaku "Panembahan Al Nahyan Nasution", adeknya kak Sedah Mirah Nasution," ujar Bobby melalui akun Instagram tentang nama bayi laki-lakinya.
Lantas, kira-kira apa ya arti nama yang unik ini?

Arti Nama Cucu Keempat Jokowi

Moms, bila ditelusuri, arti nama anak kedua Bobby dan Kahiyang tersebut berasal dari gabungan bahasa Jawa, Arab dan tentunya ada keluarga atau marga Bobby yang disematkan di sana.
Kata Panembahan yang menjadi kata pertama berasal dari Bahasa Jawa. Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Panembahan berarti raja atau pemimpin dengan gelar kebangsawanan.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, Panembahan merupakan gelar yang cukup agung dalam budaya Jawa. Salah satu raja di Jawa yang menyandang gelar Penembahan adalah Danang Sutawijaya yang merupakan pendiri raja pertama Mataram.
Arti Nama Panembahan Al Nahyan Nasution, Cucu Keempat Presiden Jokowi (40924)
Potret kebersamaan keluarga Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution Foto: Instagram/@ayanggkahiyang
Sementara itu, Al Nahyan sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya Bijak. Sementara itu, nama Nasution sendiri berasal dari marga Mandailing, Sumatera Utara. Marga tersebut akan disematkan secara turun menurun dari garis keturunan ayah. Itu sebabnya, anak pertama mereka, Sedah Mirah Nasution, juga memakai nama ini.
Bila digabungkan, nama Panembahan Al Nahyan Nasution bisa diartikan sebagai pemimpin yang bijak.
Nah Moms, itu tadi arti nama cucu keempat Jokowi. Semoga saja, anak kedua Bobby Nasution dan Kahiyang bisa tumbuh jadi pemimpin yang bijak sesuai namanya.
ADVERTISEMENT

Insipirasi Nama Bayi Seperti Panembahan

Arti Nama Panembahan Al Nahyan Nasution, Cucu Keempat Presiden Jokowi (40925)
ilustrasi bayi laki-laki Foto: Shutterstock
Ingin mencari nama bayi yang berarti Raja atau Pemimpin seperti nama Panembahan untuk si kecil yang akan lahir? Masih dari kerajaan Mataram, dikenal juga gelar Sultan dan Sunan.
Sementara di berbagai daerah lain di Nusantara, dikenal juga gelar Sombaya ( yang disembah ), Payunge atau Mapayunge (arti nama ini dia yang berpayung atau dipayungi), Mangkau’e, Datu, Batara, Tomanurung, Karaeng Arung, Pate (dibaca Pati seperti Pati Unus) dan Matowa. Unik kan, untuk jadi nama bayi Anda?