Mom
·
21 September 2020 7:56

Batas Asupan Gula untuk Ibu Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Batas Asupan Gula untuk Ibu Hamil (9870)
Ilustrasi ibu hamil makan yang manis-manis Foto: Shutterstock
Ada beragam jenis makanan yang manis-manis yang bisa menggoda selera ibu hamil. Coklat kegemaran, cupcakes aneka rasa, donat, sampai es cendol yang segar misalnya. Semua memang enak! Tapi sebaiknya dibatasi bila sedang hamil, Moms. Asupan gula yang berlebihan, tidak baik untuk kehamilan Anda.
ADVERTISEMENT
Lantas, berapa sebenarnya batas asupan gula untuk ibu hamil?

Asupan Gula dan Metabolisme Ibu Hamil

Batas Asupan Gula untuk Ibu Hamil (9871)
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Shutterstock
Mengutip Mom Junction, sebenarnya tidak ada jumlah standar untuk mengonsumsi gula selama kehamilan. Asupan gula yang ideal saat hamil bergantung pada tingkat metabolisme, kadar gula darah dan berat badan Anda.
Meski begitu, bukan berarti Anda bebas mengonsumsi gula. Para ahli menyarankan ibu hamil hanya mengonsumsi gula sekitar 25 gram per hari atau kurang dari jumlah tersebut.
Bila berlebih, dikhawatirkan Anda terkena diabetes gestasional atau diabetes tipe 2. Penyakit tersebut bisa memicu timbulnya gangguan kehamilan, yaitu preeklamsia yang dapat membahayakan keselamatan Anda dan janin.

Bahaya Konsumsi Gula Berlebih saat Hamil

Batas Asupan Gula untuk Ibu Hamil (9872)
Ibu hamil perlu membatasi asupan gula Foto: Shutterstock
Kelebihan gula selama hamil juga bisa menambah kalori kosong dan menghilangkan nutrisi yang Anda butuhkan selama kehamilan, Moms. Bahkan bisa memperberat gejala kehamilan seperti muntah, nyeri ulu hati, dan perubahan suasana hati.
ADVERTISEMENT
Tak hanya berdampak pada Anda. Kelebihan gula juga bisa memperngaruhi janin Anda. Ia bisa tumbuh dan lahir lebih besar. Hal ini dikarenakan gula yang Anda makan dapat meleawati plasenta dan meningkatkan tingkat gula darah janin, sehingga meningkatkan produksi insulin dalam tubuh bayi yang membuatnya tumbuh besar.

Tips Batasi Asupan Gula saat Hamil

Batas Asupan Gula untuk Ibu Hamil (9873)
ilustrasi ibu hamil makan buah Foto: Shutterstock
Agar bisa mengendalikan asupan gula saat hamil, coba ikuti tips dari kumparanMOM berikut ini:
  1. Hindari makanan yang banyak mengandung gula sesering yang Anda bisa.
  2. Bila tetap ingin, cicipi sedikit saja. Anda bisa memesan porsi kecil atau berbagi dengan suami.
  3. Bila ada dorongan untuk makan yang manis-manis, coba makan lebih banyak buah.
  4. Waspada juga dengan sirup, soda, teh dan minuman kemasan yang mengandung banyak gula. Lebih baik pilih air putih, air kelapa atau jus buah tanpa tambahan gula.
ADVERTISEMENT