Bayi Sering Tersenyum saat Tidur, Mungkinkah Sedang Bermimpi?

7 November 2022 9:04
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bayi Sering Tersenyum saat Tidur, Mungkinkah Sedang Bermimpi?. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Bayi Sering Tersenyum saat Tidur, Mungkinkah Sedang Bermimpi?. Foto: Shutterstock
Tingkah laku dan kebiasaan bayi baru lahir kerap mencuri perhatian orang tuanya. Tetapi, mungkin enggak sih si kecil sudah bisa bermimpi dalam tidurnya meski umurnya masih beberapa minggu saja?
Ya Moms, Anda mungkin penasaran dengan kebiasaan tersebut layaknya yang dialami anak-anak dan orang dewasa. Apalagi, tidak jarang kita melihat bayi suka tersenyum saat sedang tertidur. Apakah itu artinya ia sedang bermimpi indah? Atau justru mimik mukanya merengut karena bermimpi buruk? Nah, agar lebih jelas, yuk simak penjelasannya!

Penjelasan Apakah Bayi Bermimpi

Para peneliti sampai saat ini masih banyak yang belum mengetahui tentang apa yang terjadi dalam pikiran bayi saat tidur. Dilansir laman Very Well Family, hal ini dikarenakan bayi tidak memiliki keterampilan berkomunikasi kepada orang dewasa. Termasuk juga masih terus mempelajari bagaimana otak bayi memproses sesuatu.
Ilustrasi apakah bayi bermimpi saat tidur. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apakah bayi bermimpi saat tidur. Foto: Shutter Stock
Dengan memahami siklus tidur bayi baru lahir, penelitian menduga si kecil bisa banyak bermimpi sejak awal kehidupannya. Sebab waktu tidur mereka dihabiskan dengan gerakan mata cepat (rapid eye movement/REM). Tahap REM adalah ketika tubuh dalam keadaan benar-benar rileks dan otak tetap aktif. Ini juga berkaitan dengan tahapan mimpi.
Menurut American Academy of Pediatrics, bayi menghabiskan hingga 50 persen dari tidur mereka dalam tidur REM. Sedangkan orang dewasa menghabiskan sekitar 20 persen dari waktu mereka untuk tidur dalam fase ini.
Nah Moms, bila bayi mengalami tidur REM, maka orang mungkin berasumsi bahwa si kecil juga sedang bermimpi. Namun, para peneliti mengatakan tidak sesederhana itu. Sebab, proses bermimpi berarti secara perkembangan mampu berpikir abstrak.
bayi tidur Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
bayi tidur Foto: Shutterstock
Dikutip dari Healthline, agar mimpi terjadi, beberapa ahli saraf percaya bahwa anak-anak pertama-tama harus memiliki kemampuan untuk membayangkan hal-hal secara visual dan spasial untuk diimpikan, dan bayi tidak memiliki kesadaran diri tersebut.

Memahami Perilaku Tidur Bayi

Biasanya, selama tidur REM, otot-otot utama dalam tubuh seperti lengan dan kaki bisa tidak dapat dikendalikan sementara. Jika biasanya orang dewasa tetap bisa terkendali selama fase tidur ini, bayi dalam tidur REM cenderung akan memiliki pernapasan yang tidak teratur. Dan mungkin juga akan membuat gerakan mulut seperti mengisap, tersenyum, kedutan di lengan atau kaki, hingga menggerakkan kepalanya.
Kemungkinan lain adalah bayi sedang belajar tentang cara kerja tubuh mereka atau mencoba mengembangkan keterampilan baru. Salah satu yang bisa terlihat adalah bayi tiba-tiba menangis saat tidur, yang kemungkinan sedang memproses sesuatu ketika terlelap.