Mom
·
16 November 2020 9:08

Cara Mengetahui Wanita Mandul atau Tidak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Mengetahui Wanita Mandul atau Tidak (50750)
Cara Mengetahui Wanita Mandul atau Tidak Foto: Shutterstock
Pria atau wanita yang "tidak dapat mempunyai anak", biasanya disebut mandul. Begitu juga biasanya masyarakat menyebut mereka yang dianggap punya masalah kesuburan.
ADVERTISEMENT
Namun sebenarnya, bilamana seseorang dikatakan punya masalah kesuburan? Kita perlu tahu, dokter umumnya baru akan mengatakan seseorang atau pasangan dikatakan memiliki masalah infertilitas atau mandul jika selama 12 bulan atau lebih berhubungan seksual secara teratur tanpa pengaman namun gagal untuk hamil.
Lantas, bagaimana cara mengetahuinya? Dokter umumnya akan minta suami maupun istri menjalani tes.
Kali ini, kumparanMOM akan merangkum 3 jenis tes yang umumnya ditempuh untuk mengetahui seorang wanita mandul atau tidak. Apa saja?

3 Tes untuk Periksa Infertilitas pada Wanita

1.Tes Hormon Darah
Cara Mengetahui Wanita Mandul atau Tidak (50751)
Ilustrasi tes darah untuk mengetahui wanita mandul atau tidak. Foto: Shutterstock
Mengutip buku Mengatasi Infertilitas karya Dr Eeson Sinthamoney, tes hormon darah dilakukan pada beberapa hari pertama di siklus menstruasi. Lewat tes ini, dokter dapat memperkirakan jumlah telur yang ada pada indung telur, mendiagnosis kelebihan hormon androgen, dan menunjukkan apakah Anda sedang masa ovulasi.
ADVERTISEMENT
Kelebihan hormon androgen pada wanita atau polycystic ovary syndrome (PCOS) menjadi penyebab paling umum masalah mandul yang disebut infertilitas anovulasi, yakni ketika indung telur tidak melepaskan sel telur. Sekitar 90-95 persen wanita dengan masalah anovulasi yang datang ke klinik infertilitas menderita PCOS.
2.Tes USG pada Panggul
Cara Mengetahui Wanita Mandul atau Tidak (50752)
Ilustrasi wanita memegang alat tes kehamilan. Foto: Thinkstock
Tes ini memungkinkan dokter untuk melihat rahim dan indung telur Anda. Dokter bisa melihat apakah Anda memiliki endometriosis, yakni pertumbuhan jaringan endometrium di indung telur, tuba fallopi, hingga belakang dan depan rahim. Endometriosis menyebabkan pembengkakan dan kista sehingga berkontribusi pada infertilitas.
Tes USG pada panggul ini juga bisa mengidentifikasi fibroid, yakni pertumbuhan sel yang tidak normal pada dinding rahim. Meski jinak, fibroid dicurigai dapat menyebabkan mandul.
ADVERTISEMENT
Jumlah sel telur yang tersedia juga penting dilihat pada tes ini karena berhubungan dengan jumlah embrio yang bisa berkembang menjadi janin.
3.Tes Patensi Tuba
Cara Mengetahui Wanita Mandul atau Tidak (50753)
Tes Patensi Tuba adalah salah satu cara mengetahui seorang wanita mandul atau tidak Foto: Shutterstock
Tes ini dilakukan untuk mengecek apakah ada sumbatan di tuba fallopi. Prosedur ini dilakukan ahli radiologi dan yang paling sering dilakukan adalah histerosalpingografi (HSG).
Zat pewarna akan dimasukkan ke dalam vagina dan memenuhi rahim. Jika cairan pewarna sampai ke rongga perut, artinya saluran telur Anda dalam kondisi terbuka.
Nah Moms, itulah 3 tes yang umumnya digunakan untuk mengetahui seorang wanita mandul atau tidak.
Tapi ingat, saat pasangan sulit punya anak, sang suami juga perlu dites. Terutama tes sperma untuk mengukur tiga parameter kesuburan pria. Hal ini sangat penting karena masalah infertilitas bukan hanya bisa dialami perempuan saja, tapi juga kerap terjadi pada pria.
ADVERTISEMENT