kumparan
14 Des 2018 9:47 WIB

Cara Menyimpan Buah Mangga Agar Tidak Cepat Busuk

Ilustrasi jus mangga (Foto: Thinkstock)
Ketika melihat tumpukan buah mangga yang ranum dan harum di pedagang kaki lima maupun toko buah, kita memang bisa dengan mudah tergoda membelinya. Apalagi kalau sedang musim mangga. Anda bisa mendapat mangga yang manis dengan harga miring! Hasrat ingin memborong pun meningkat.
ADVERTISEMENT
Tapi ingat, Moms! Belilah secukupnya saja. Pasalnya, buah mangga mudah matang tapi juga cepat busuk. Sayang kan, kalau malah jadi tidak termakan?
Kecuali, bila Anda mengikuti cara menyimpan yang tepat agar mangga tidak cepat busuk. Seperti apa? Simpanlah mangga berdasar tingkat kematangannya. Begini penjelasannya:
1. Belum matang
Ilustrasi menyimpan mangga (Foto: Shutter Stock)
Jika Anda membeli mangga yang belum matang, maka simpanlah di suhu ruang. Sebaliknya, bila Anda menyimpan di kulkas maka membuatnya lebih lama untuk matang.
Cek mangga dua hari sekali untuk mendapat tingkat kematangan sesuai keinginan Anda. Untuk mengakali agar bisa matang lebih cepat, masukan ke dalam kantong kertas terlebih dulu dan simpan di suhu ruang.
2. Mangga sudah matang
Ilustrasi menyimpan mangga (Foto: Shutter Stock)
Sebaliknya, suhu dingin pada kulkas bisa mempertahankan tingkat kematangan yang telah dimiliki mangga. Buah mangga matang yang disimpan di lemari es bisa bertahan hingga enam hari lamanya. Atur suhu penyimpanan di kulkas, yakni harus sekitar 4 derajat celsius untuk membuatnya tetap awet.
ADVERTISEMENT
3. Menyimpan dalam waktu sangat lama
Ilustrasi menyimpan mangga (Foto: Shutter Stock)
Ingin menyimpan mangga dalam jangka waktu yang lebih lama, bahkan sampai musim panennya sudah berakhir? Bisa saja Moms, caranya simpan di dalam freezer.
Potong-potong buah mangga seukuran dadu, lalu masukkan ke dalam kantong plastik atau zipper bag. Setelahnya, simpan kantong tersebut di dalam freezer bersuhu di bawah 18 derajat celsius. Usahakan untuk menyimpannya dalam posisi horizontal atau ‘tidur’, tujuannya agar seluruh potongan mangga dapat membeku secara merata.
Saat ingin menyantapnya, pindahkan mangga beku ke dalam kulkas beberapa saat, hingga esnya mencair dan teksturnya menjadi lembut kembali. Buah mangga beku tersebut dapat bertahan sampai kurang lebih enam bulan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan