kumparan
search-gray
Mom8 Juli 2018 22:52

Kapan Balita Bisa Tidur Tanpa Pospak di Malam Hari?

Konten Redaksi kumparan
Kapan Balita Bisa Tidur Tanpa Pospak di Malam Hari?  (83182)
Ilustrasi Waktu Tidur Balita (Foto: Pixabay)
Apakah balita Anda masih pakai popok sekali pakai atau pospak bila tidur malam? Anda tidak sendiri, Moms. Banyak orang tua lain yang juga melakukannya meski pada siang hari balita sudah tidak dipakaikan pospak lagi.
ADVERTISEMENT
Maklum, tidur malam kan waktunya lebih panjang, sulit untuk menjaga balita tidak ngompol sama sekali sampai pagi. Sementara pada pagi dan siang hari, balita sudah bisa diajarkan untuk menggunakan toilet atau setidaknya bilang saat mereka membutuhkannya.
Tetapi ternyata tidak begitu teorinya. Dilansir Baby Center, pakar pengasuhan dan kesehatan anak di Amerika Serikat, Jill Irving, berpendapat kalau begitu anak Anda sudah terlatih untuk menggunakan toilet di siang hari, artinya Anda sudah dapat mencoba melepaskan popok anak di malam hari.
Kapan Balita Bisa Tidur Tanpa Pospak di Malam Hari?  (83183)
Ilustrasi Waktu Bangun Tidur (Foto: Pixabay)
Di pagi hari, coba saja periksa pospak yang dipakai balita Anda malamnya. Bila popoknya kering atau hanya basah sedikit selama beberapa pagi berturut-turut, itu adalah tanda balita Anda siap tidur tanpa pospak.
ADVERTISEMENT
Irving menyarankan Anda juga menjelaskan pada anak apa yang Anda lakukan, dan mengapa. Jangan lupa, pastikan anak pipis di toilet sebelum tidur dan ingatkan dia tidak boleh diam saja bila merasa ingin pipis. Ya Moms, saatnya melatih anak menggunakan toilet di malam hari!
Bila Anda sudah mulai latihan ini, letakkanlah perlak, kain alas ompol atau pelindung matras di bawah seprai anak. Atau Anda juga dapat membeli alas ompol sekali pakai yang lebih bersih, praktis dan kini banyak dijual.
Beberapa orang tua juga ada yang membeli pispot untuk ditaruh di sudut kamar, agar anak tidak perlu ke toilet. Sementara orang tua lain, memilih untuk menggendong anaknya bila perlu ke toilet karena merasa kasihan bila anak harus bangun dan berjalan ke toilet sendiri.
ADVERTISEMENT
Bila Anda memilih cara kedua, pastikan anak tidak tidur sambil pipis di toilet ya, Moms. Balita Anda perlu cukup terjaga untuk menyadari apa yang terjadi sehingga ia terlatih dan benar-benar mengerti.
Di pagi hari, ingatkan anak untuk ke toilet begitu ia sudah bangun dan cek celananya. Kalau kering, beri anak pujian. Kalau masih basah, jangan marahi anak karena ngompol. Lebih baik beri dorongan dan motivasi.
Kapan Balita Bisa Tidur Tanpa Pospak di Malam Hari?  (83184)
Anak mengompol (Foto: Thinkstock)
Jangan menyerah bila setelah beberapa hari melatihnya anak belum juga bisa tidur tanpa pospak ya, Moms. Kesiapan anak berbeda-beda. Bila kali ini belum berhasil, mungkin Anda perlu mencoba melatihnya lagi dalam beberapa bulan ke depan.
Banyak anak usia tiga tahun dan empat tahun masih membutuhkan pospak di malam hari. Bila balita Anda masih mengompol sampai usia lima tahun, itu juga masih lazim. Jadi, bersabarlah sedikit, Moms!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white