Mom
·
5 Agustus 2020 10:06

Lahir di Tengah Pandemi, Cucu Keempat Jokowi Tidak Boleh Dikunjungi!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Lahir di Tengah Pandemi, Cucu Keempat Jokowi Tidak Boleh Dikunjungi!  (394839)
Kahiyang dalam balutan kain tradisional Foto: Dok. Kahiyang Ayu/Instagram
Cucu keempat Jokowi baru saja lahir pada Senin (3/8) pukul 20.21 WIB. Ya Moms, anak kedua Jokowi, Kahiyang Ayu, melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki di RS YPK, Menteng, Jakarta Pusat, dengan metode operasi caesar di tengah pandemi.
ADVERTISEMENT
Terkait hal ini, ada beberapa hal yang berbeda bila melahirkan di tengah pandemi. Misalnya kebijakan khusus dari rumah sakit demi melindungi bayi maupun ibu yang baru melahirkan.
Tak hanya itu, kemungkinan besar dokter anak akan menyarankan agar cucu keempat Jokowi tidak dikunjungi. Kenapa?

Alasan Cucu Keempat Jokowi yang Lahir di Tengah Pandemi Sebaiknya Tidak Dijenguk

Lahir di Tengah Pandemi, Cucu Keempat Jokowi Tidak Boleh Dikunjungi!  (394840)
Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di RS YPK Mandiri, Jakarta, Jumat (3/8). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Membatasi jumlah pengunjung untuk menjenguk ibu dan bayi di rumah sakit maupun di rumah dapat mencegah penularan virus corona. Oleh sebab itu, ibu dan bayi lebih baik tidak dijenguk dulu.
"Tentunya setiap rumah sakit punya kebijakan masing-masing, ya. Saya rasa secara umum prinsipnya sama yaitu membatasi pengunjung yang istilahnya dapat berpotensi terpapar dan juga memaparkan," jelas Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Yassin Yanuar Mohammad Sp.OG-KFER kepada kumparanMOM beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Selain membatasi jumlah pengunjung, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Gita Pratama, SpOG mengatakan, tempat yang paling aman untuk bayi setelah dilahirkan adalah di rumah, Moms. Sehingga, setelah ibu melahirkan baik secara pervaginam maupun operasi caesar, bila memungkinkan, bayi memang sebaiknya segera dibawa pulang.
"Hampir semua rumah sakit mempunyai kemungkinan merawat pasien yang terinfeksi virus COVID-19, baik yang bergejala maupun tidak bergejala," kata dr. Gita saat dihubungi kumparanMOM belum lama ini.
Namun, dokter yang juga praktik di RS Pondok Indah Jakarta Selatan dan Klinik Yasmin RSCM Jakarta ini menyarankan, sesampainya di rumah, sebaiknya bayi tidak bertemu dengan orang lain selain keluarga inti yang memang ada di rumah. Anggota keluarga inti yang dimaksud adalah ayah, ibu, kakak atau adik, dan pengasuh bayi yang tinggal di rumah.
ADVERTISEMENT

Tetap Menyusui di Tengah Pandemi

Lahir di Tengah Pandemi, Cucu Keempat Jokowi Tidak Boleh Dikunjungi!  (394841)
Kahiyang Ayu (tengah) bersama dan Bobby Nasution saat meryakan ulang tahun anak semata wayangnya, Sedah Mirah. Foto: Instagram @ayanggkahiyang
Selain soal kunjungan, ibu yang melahirkan di di tengah masa pandemi seperti Kahiyang juga disarankan untuk menyusui.
Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa kandungan nutrisi yang ada pada ASI bisa memberikan antibodi yang dapat melindungi bayi dari berbagai infeksi. Antibodi dan faktor bioaktif dalam ASI dapat melawan infeksi COVID-19, jika bayi terpapar.

Lengkapi Imunisasi Bayi

Lahir di Tengah Pandemi, Cucu Keempat Jokowi Tidak Boleh Dikunjungi!  (394842)
Ilustrasi Imunisasi Foto: Shutterstock
Hingga saat ini, vaksin untuk virus corona masih terus diteliti. Sambil menunggu vaksin corona siap dipasarkan, bayi yang lahir di tengah pandemi harus tetap melengkapi imunisasi sesuai jadwal dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Sebab, imunisasi rutin dan lengkap bisa meningkatkan kekebalan tubuh si kecil.
ADVERTISEMENT
Hal ini juga dijelaskan oleh DR. dr. Tan Shot Yen, M.Hum.
"Jadi anak-anak yang hari ini belum divaksin tolong antre vaksin dulu tapi bukan vaksin COVID-19 (karena belum ada). Tetep vaksin misalnya DPT, polio, BCG, yang basic (dasar) supaya agar tubuhnya tidak rentan dan virus tidak masuk," ujar dr. Tan saat Live Instagram "Jurus Manjur Tangkal Virus" di @skata_id beberapa waktu lalu.
Nah Moms, itulah alasan kenapa cucu keempat Jokowi sebaiknya tidak dijenguk terlebih dahulu dan beberapa saran lain yang kiranya perlu diikuti oleh Kahiyang dan setiap Ibu yang melahirkan di tengah pandemi.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.