kumparan
2 November 2019 18:54

Lebih Baik Mana, Wortel Dimasak Dulu atau Dimakan Mentah oleh Anak?

wortel
ilustrasi memasak wortel Foto: Shutterstock
Wortel kaya nutrisi dan vitamin esensial yang akan sangat berguna bagi kesehatan anak. Anak pun mudah menyukainya karena wortel menawarkan rasa manis.
ADVERTISEMENT
Bila dimakan dalam kondisi mentah, wortel renyah, enak jadi camilan. Bila dimasak terlebih dulu, wortel empuk dan mudah dikunyah oleh si kecil.
Tapi sebenarnya lebih baik yang mana, anak makan wortel mentah atau dimasak lebih dulu?
Ilustrasi wortel
Ilustrasi potongan wortel siap dimasak untuk anak Foto: Pixabay
Untuk menjawabnya, kita perlu memahami dulu bahwa wortel mengandung beta karoten yang penting untuk memproduksi vitamin A, dan berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan tulang, menjaga kesehatan penglihatan, serta meningkatkan sistem imun.
Kandungan beta karoten ini akan meningkat bila wortel dimasak terlebih dahulu, Moms! Bahkan, dalam sebuah studi pada tahun 2009 dalam Journal of Food Science mengungkapkan, memasak wortel yang masih dibalut dengan kulit akan melipatgandakan fungsi antioksidannya hingga tiga kali lipat.
Artinya, bila ingin anak atau pun anggota keluarga lainnya mendapat manfaat kandungan beta karoten ini maka sebaiknya masak lah wortel terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, wortel bisa kehilangan nutrisi maupun rasanya jika tidak dimasak dengan benar. Itulah kenapa, cara memasak wortel harus tepat supaya nutrisi di dalamnya terjaga.
Anda perlu tahu Moms, sebaiknya wortel tidak digoreng! Pilihan yang sehat adalah merebus, mengukus, menumis atau memanggangnya.
Sebelum menyajikan untuk anak, Anda dapat membaca penjelasan lebih detil tentang cara-cara memasak wortel untuk menjaga kandungan nutrisinya di sini.