Mom
·
17 November 2020 16:15

Mengenal Fabel, Cerita Binatang yang Bisa Beri Anak Banyak Manfaat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengenal Fabel, Cerita Binatang yang Bisa Beri Anak Banyak Manfaat (43747)
Ilustrasi ibu membacakan fabel untuk anak Foto: Shutterstock
Moms, pernahkah Anda bercerita pada anak tentang Si Kancil dan Buaya? Atau mungkin fabel lainnya?
ADVERTISEMENT
Ya Moms, cerita-cerita yang berisi pendidikan moral dan budi pekerti melalui tokoh binatang disebut fabel. Untuk kepentingan penyampaian cerita, binatang-binatang di dalam fabel sengaja digambarkan memiliki watak dan budi seperti manusia.
Tokoh-tokoh binatang ini biasanya juga terlibat dalam semacam teka-teki moral atau dihadapkan pada tantangan unik yang mengaktifkan imajinasi dan sikap kritis anak.
Sangat kuat dan bermanfaat, fabel telah diceritakan dari generasi ke generasi di berbagai belahan dunia dan semakin hidup dengan keragaman budaya.
Fabel digunakan untuk menyampaikan banyak pelajaran penting tentang kehidupan, alam, cinta, persahabatan, persaudaraan dan cara menjadi orang baik. Sangat filosofis, tapi tetap sederhana untuk dipahami siapa saja bahkan anak balita.

Manfaat Fabel untuk Anak

Mengenal Fabel, Cerita Binatang yang Bisa Beri Anak Banyak Manfaat (43748)
Ada banyak manfaat fabel untuk anak Foto: Shutterstock
Mengutip Stories for Kids, Baik dibacakan atau membaca sendiri, fabel bisa memberi anak banyak manfaat. Yang paling jelas, fabel membantu anak mendapatkan banyak pengetahuan terutama secara moral. Orang tua pun akan mudah menyampaikan kebenaran atau nasihat kepada anak dengan cara yang menyenangkan.
ADVERTISEMENT
Misalnya tentang bagaimana menjadi berani dalam menghadapi kesulitan, bagaimana bekerja sama dengan orang-orang yang dekat dengan mereka, bagaimana menerima semua orang apa adanya, hingga bagaimana membedakan pilihan yang salah dari pilihan yang salah. Semua akan terserap dan melekat di ingatan anak.
Ini sangat penting, Moms! Sebab anak yang tumbuh dengan landasan moral yang kokoh, akan mampu membuat banyak pilihan baik dalam hidupnya kelak.
Mereka akan lebih mudah memahami dan menangani berbagai situasi dalam hidup dan terampil saat harus memecahkan masalah dan tahu bagaimana ia harus berempati kepada mereka yang berbeda dari mereka. Ia menjadi lebih peka dan ini mendukungnya meraih kesuksesan.

Tips Pilih Fabel untuk Anak

Mengenal Fabel, Cerita Binatang yang Bisa Beri Anak Banyak Manfaat (43749)
Tips Pilih Fabel untuk Anak Foto: Shutterstock
Orang tua dapat mencari fabel untuk anak di mana saja. Melalui buku cerita, podcast hingga video misalnya. Yang paling mudah, mulailah dengan Fabel Aesop.
ADVERTISEMENT
Fabel Aesop adalah kumpulan fabel yang sangat dikenal di dunia dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.
Bila sudah menemukan fabel yang tepat, biasakan membacakan cerita dua kali seminggu untuk anak Anda. Setelah itu, siap-siap saja melihat bagaimana usaha kecil ini, membawa dampak positif yang sangat besar untuk anak tercinta.