Mom
·
11 Januari 2021 12:18

Penyebab dan Gejala Penyakit Kawasaki yang Kerap Menyerang Anak Laki-laki

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab dan Gejala Penyakit Kawasaki yang Kerap Menyerang Anak Laki-laki (123310)
Ilustrasi anak sakit Foto: Shutterstock
Orang tua perlu selalu waspada akan risiko penyakit yang dapat menyerang anak. Salah satunya penyakit Kawasaki, yang terutama kerap menyerang anak laki-laki.
ADVERTISEMENT
Dalam buku 123 Penyakit dan Gangguan Pada Anak, Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp.A(K) menjelaskan, penyakit Kawasaki atau yang dikenal dengan sindrom kelenjar limfe adalah penyakit inflamasi dari pembuluh darah (vaskulitis) yang menyebabkan anak demam akut. Penyakit ini lebih sering menyerang anak di bawah usia 5 tahun.
Kawasaki cenderung menyerang anak laki-laki daripada anak perempuan. Penyakit ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya, namun terkadang juga dapat menyebabkan masalah kesehatan serius yang mengenai organ jantung.
Itulah kenapa, orang tua perlu memahami betul penyebab maupun gejala penyakit ini.

Penyebab Penyakit Kawasaki

Penyebab dan Gejala Penyakit Kawasaki yang Kerap Menyerang Anak Laki-laki (123311)
Ilustrasi anak sakit Foto: Shutter Stock
Faktanya sampai saat ini, masih belum diketahui penyebab pasti penyakit Kawasaki pada anak-anak. Tetapi diduga penyakit Kawasaki bisa terjadi akibat 3 faktor.
ADVERTISEMENT
Pertama, kerusakan pembuluh darah yang terjadi karena respon imun yang menyimpang.
Kedua, infeksi diduga sebagai penyebab karena penyakit Kawasaki memiliki gejala yang hampir sama dengan penyakit infeksi yang bisa menimbulkan epidemi (wabah).
Ketiga, penyakit Kawasaki diduga berkaitan dengan faktor genetik. Karena penyakit Kawasaki lebih sering dijumpai pada ras atau suku bangsa tertentu seperti Jepang dan China.

Gejala Penyakit Kawasaki

Penyebab dan Gejala Penyakit Kawasaki yang Kerap Menyerang Anak Laki-laki (123312)
Ilustrasi anak laki-laki mengalami demam ptinggi Foto: Shutterstock
Dilansir Centers for Disease Control and Prevention, anak yang diduga mengidap penyakit Kawasaki umumnya akan menunjukkan gejala sebagai berikut:
1. Demam tinggi
Anak yang mengalami demam tinggi lebih dari 5 hari berturut-turut tanpa sebab yang jelas. Biasanya suhu tubuhnya akan mencapai 39 derajat celcius, bahkan lebih.
ADVERTISEMENT
2. Peradangan
Anak akan mengalami konjungtivitis atau peradangan pada kedua matanya. Biasanya bagian sklera mata anak berubah menjadi kemerahan. Peradangan juga bisa terjadi pada tenggorokan si kecil.
Penyebab dan Gejala Penyakit Kawasaki yang Kerap Menyerang Anak Laki-laki (123313)
Lidah anak yang bengkak kemerahan merupakan salah satu gejala penyakit kawasaki Foto: Shutterstock
3. Strawberry tongue
Lidah anak membengkak dan berwarna kemerahan atau biasa disebut dengan strawberry tongue. Kondisi ini juga disertai bibir yang kering dan pecah-pecah.
4. Benjolan pada Leher
Gejala terakhir yang diduga akibat dari penyakit Kawasaki adalah membesarnya kelenjar getah bening di leher si kecil sehingga menimbulkan benjolan. Pembengkakan kelenjar getah bening juga dapat terjadi di area ketiak dan atau selangkangan.
5. Bagian tubuh bengkak
Selain pada leher, waspadai juga pembengkakan pada bagian tubuh lain seperti tangan dan kaki. Tidak hanya bengkak, bila anak mengalami kawasaki, mungkin juga akan timbul ruam kemerahan di kulit disertai pengelupasan.
ADVERTISEMENT
Penulis: Hutri Dirga Harmonis