Mom
·
11 Oktober 2020 17:47

Penyebab Perut Ibu Hamil Besar Meski Baru di Trimester Pertama

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab Perut Ibu Hamil Besar Meski Baru di Trimester Pertama (28732)
Ilustrasi perut ibu hamil Foto: Shutterstock
Pada trimester kedua kehamilan, perut ibu hamil biasanya mulai terlihat besar. Namun, tak semua kondisi ibu hamil sama. Ada juga yang sudah menunjukkan perut buncitnya sejak trimester pertama.
ADVERTISEMENT
Lantas, apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Berikut 5 alasan yang menyebabkan perut ibu hamil sudah terlihat besar sejak trimester pertama.

Hal yang Sebabkan Perut Ibu Hamil Besar di Trimester Pertama

Penyebab Perut Ibu Hamil Besar Meski Baru di Trimester Pertama (28733)
Ilustrasi ibu hamil menghitung kalender Foto: Shutterstock
1.Salah Hitung Tanggal
Perut yang membesar lebih awal daripada semestinya dapat disebabkan oleh kesalahan perhitungan tanggal kehamilan. Ya, bisa saja Anda salah menghitung usia kehamilan Anda, Moms. Cara menghitung usia kehamilan dimulai dengan hari pertama haid terakhir Anda.
2.Sulit Buang Air Besar
Kelebihan gas dapat menjadi penyebab ukuran perut yang besar. Demikian pula jika Anda sudah beberapa hari tidak buang air besar. Ya, masalah sembelit memang kerap dialami oleh ibu hamil. Untuk menghindari hal itu, Anda dapat rutin mengkonsumsi makanan berserat.
Penyebab Perut Ibu Hamil Besar Meski Baru di Trimester Pertama (28734)
Ilustrasi ibu hamil Foto: Shutterstock
3.Tubuh Kecil
ADVERTISEMENT
Bila Anda mengawali kehamilan dengan tubuh yang ramping, pertumbuhan rahim akan sulit disembunyikan sehingga perut Anda sudah tampak menonjol di trimester pertama meskipun ukuran janin masih relatif kecil.
Otot Kurang Kencang
Ibu hamil dengan otot perut yang kendur akan terlihat perubahan perutnya bahkan sejak trimester pertama kehamilan. Hal ini biasanya terjadi pada kehamilan kedua dan seterusnya, akibat otot perut mengendur karena kehamilan sebelumnya.
Penyebab Perut Ibu Hamil Besar Meski Baru di Trimester Pertama (28735)
Ilustrasi ibu hamil makan Foto: Shutter Stock
Makan Berlebihan
Jika Anda menafsirkan "makan untuk dua orang" dengan "porsi makan yang dikalikan dua", padahal bayi Anda masih sangat kecil pada saat ini, maka bisa saja perut Anda sudah terlihat membesar sejak trimester pertama.
Jika berat Anda telah bertambah 1,9-2,3 kilogram pada trimester pertama, hal itu dapat menjelaskan penyebab perut Anda maju lebih awal, Moms.
ADVERTISEMENT
Mengandung Bayi Kembar
Sejumlah wanita yang perutnya membesar dengan cepat pada trimester pertama, kelak mengetahui bahwa mereka hamil bayi kembar.
Perut yang relatif bulat pada trimester pertama tidak serta-merta dianggap sebagai tanda pasti bahwa seorang wanita mengandung bayi kembar. Sebaiknya Anda menunggu hasil USG di awal trimester kedua untuk memastikan diagnosis ini.