kumparan
17 Mei 2019 18:23

Riset: Beberapa Bayi Memang Terlahir Kidal

Ilustrasi tangan bayi
Ilustrasi bayi dengan tangan kidal. Foto: Shutterstock
Begitu bayi dalam kandungan lahir, Anda dan pasangan pasti bersemangat mengamati seluruh bagian tubuhnya. Bagian tubuh yang mirip ayahnya, maupun bagian yang menurun dari Anda. Ya Moms, kebanyakan bagian-bagian fisik dari bayi Anda didapatkan secara genetis.
ADVERTISEMENT
Selama ini, para ahli juga mengira bahwa bayi terlahir kidal karena genetis. Namun ada penelitian baru yang memberikan hasil lebih detail. Sebelumnya, telah diketahui bayi sudah punya preferensi tangan yang dominan, kanan atau kiri, sejak dalam kandungan. Hal ini bahkan bisa dilihat dari USG, yaitu ketika bayi lebih sering menggerakkan tangan kanan atau kiri sejak minggu ke-8 kehamilan.
Suatu teori menyebutkan, preferensi itu disebabkan oleh perbedaan aktivitas gen pada belahan otak kanan dan kiri. Mengutip laman The Bump, ternyata penyebab bayi terlahir kidal bukan berasal dari otak, melainkan sumsum tulang belakang. Hal itu diungkap oleh riset yang dilakukan Ruhr-University Bochum, Jerman.
Ilustrasi janin
Ilustrasi janin Foto: Shutterstock
Mereka membenarkan bahwa pergerakan lengan dan tangan memang dimulai dari otak. Namun para peneliti menyadari korteks motorik bayi belum cukup matang pada trimester pertama dan kedua. Padahal pada fase itu, bayi sudah menunjukkan preferensinya dalam menggerakkan tangan atau kiri.
ADVERTISEMENT
Korteks motorik adalah bagian otak yang mengirimkan sinyal pada sumsum tulang belakang agar menggerakkan tubuh. Pada awal kehamilan, korteks motorik janin belum terhubung pada sumsum tulang belakang. Hal inilah yang membuat peneliti menduga bahwa yang menyebabkan bayi kidal bukan dari otak, melainkan tulang belakang.
Ilustrasi tangan bayi mengepal
Ilustrasi tangan bayi yang dominan. Foto: shutterstock
Mengutip laman Science Daily, peneliti kemudian juga menganalisis aktivitas genetik pada sumsum tulang belakang pada usia 8-12 minggu kehamilan. Setelah mengamati rangkaian DNA-nya, barulah tampak bahwa segmen saraf pada sisi kanan dan kiri sumsum tulang sangat berbeda dan asimetris sehingga kita punya satu tangan yang dominan daripada tangan lainnya.
Nah artinya, Moms, kidal atau tidaknya seorang anak sudah terbentuk sejak dalam kandungan. Anda tak perlu memaksa si kecil untuk menggunakan tangan kanan karena hanya akan membuatnya frustasi. Alih-alih berusaha mengubahnya, Anda bisa mendorong anak untuk menyukai keistimewaannya dalam menggunakan tangan kiri.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan