kumparan
8 November 2019 16:02

Utun! Apa Arti Panggilan Sayang untuk Bayi dalam Kandungan Ini?

Ilustrasi ibu hamil. Foto: Shutterstock
Sebelum si kecil lahir ke dunia, banyak calon orang tua yang sudah punya panggilan sayang bagi bayi di dalam perut. kumparanMOM melalui Instagram @kumparanmom, juga menanyakannya hal ini pada para calon ibu.
ADVERTISEMENT
Dari aneka nama yang disebutkan, panggilan 'Utun' atau 'Baby Utun' ternyata termasuk yang paling banyak dipilih.
Loading Instagram...
Sebelum membahasnya lebih jauh, sebenarnya apa yang mendorong calon orang tua memberi nama panggilan sayang untuk janin atau bayi di dalam perut?
Soal ini, ternyata sampai ada penelitiannya juga, Moms! Mengutip The Independent sebuah penelitian sosial mengungkap kalau 9 dari 10 ibu hamil punya panggilan sayang untuk bayinya. Hal ini menurut peneliti, merupakan sebuah cara dalam menjalin ikatan dengan bayi di dalam perut.
Suti Karno sebagai Atun di acara TV Si Doel Anak Sekolahan Foto: YouTube
Nama Utun, mungkin mengingatkan Anda pada tokoh Atun dari serial Si Doel anak sekolahan. Tapi beda lho, Moms. Hanya ada kemiripan saat mengucap huruf belakangnya saja.
Di KBBI Kemdikbud, kata 'utun' diartikan sebagai kata sapaan kepada laki-laki yang disayangi.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, ada juga orang tua yang tetap menggunakan nama panggilan Utun, sekalipun hasil USG menunjukkan bayi berjenis kelamin perempuan.
ibu hamil dan temannya Foto: Shutterstock
Memang bisa saja sih, menggunakan panggilan 'Utun' untuk bayi perempuan. Tapi tambahkanlah kata 'inji' di belakangnya.
Kembali ke KBBI Kemdikbud, 'utun inji' diartikan: kata sapaan kepada anak yang masih dalam kandungan namun belum jelas jenis kelaminnya.
Lantas, dari mana kata ini berasal? Tak sedikit yang menyebut asalnya dari bahasa Sunda. Meski begitu, banyak orang tua yang tinggal di luar area Jawa Barat dan tidak memiliki darah Sunda, turut menggunakannya.
Bagaimana dengan Anda? Suka dengan kata Utun, Utun Inji atau Baby Utun untuk jadi nama panggilan sayang bayi dalam kandungan, atau memilih panggilan lainnya?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan