Mom
·
7 Juni 2021 17:00
·
waktu baca 2 menit

Yang Perlu Dipahami Orang Tua Soal Pipis Bayi Baru Lahir

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Yang Perlu Dipahami Orang Tua Soal Pipis Bayi Baru Lahir (160173)
Yang Perlu Dipahami Orang Tua Soal Pipis Bayi Baru Lahir Foto: Shutterstock
Banyak hal-hal kecil yang sebenarnya penting diamati pada bayi baru lahir. Mulai dari tangisan, kondisi kulit, kepala, hingga kotoran seperti pup dan pipis pertama bayi.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, tahukah Anda kapan umumnya bayi pertama kali pipis setelah lahir, berapa kali ia akan buang air kecil dalam sehari, bagaimana warna urine yang normal, hingga apa saja yang harus dilakukan saat mengganti popok bayi?
Yuk, baca terus artikel ini sampai habis untuk memahaminya.

Kapan Bayi Pipis Pertama Kali Setelah Lahir dan Fakta Penting Lainnya

Yang Perlu Dipahami Orang Tua Soal Pipis Bayi Baru Lahir (160174)
Ilustrasi menggantikan popok bayi baru lahir. Foto: Shutter Stock
Yang pertama perlu dipahami orang tua, pola buang air kecil bayi baru lahir yang minum ASI berbeda dengan bayi yang minum susu formula. Dilansir Very Well Family, bayi baru lahir yang mendapatkan ASI eksklusif pasti akan buang air kecil untuk pertama kalinya dalam 12 hingga 24 jam setelah lahir.
Sementara, untuk bayi yang minum susu formula harus pipis setelah 12 hingga 24 jam setelah lahir, ketika orang tua memberikan susu sebanyak 2 ons setiap tiga jam sekali sejak setelah kelahiran.
ADVERTISEMENT
Sementara soal waktu, tidak ada waktu tertentu untuk bayi buang air kecil. Bayi bisa saja pipis bisa di siang hari, sore hari, hingga dini hari saat orang tuanya sedang terlelap.
Namun, bayi yang minum ASI biasanya memiliki volume urine yang lebih sedikit di awal karena konsumsi ASI yang masih sedikit. Hal ini tentu berbeda dengan susu formula yang sudah diberikan sesuai dengan takaran yang seharusnya.
Yang Perlu Dipahami Orang Tua Soal Pipis Bayi Baru Lahir (160175)
Orang tua perlu mencermati waktu, jumlah dan frekuensi pipis bayi Foto: Shutterstock
Pada hari kedua, popok bayi setidaknya perlu diganti 2 kali sehari pada bayi yang minum ASI maupun susu formula. Sebab saat supai ASI meningkat, maka produksi urine bayi pun akan meningkat dan akan lebih sering buang air kecil.
Lalu Pada hari ketiga sampai kelima, setidaknya Anda harus mengganti popok si kecil 3-5 kali sehari. Sementara sejak hari keenam, setidaknya Anda akan mengganti popok bayi sebanyak 6-8 kali dalam 24 jam.
ADVERTISEMENT
Bagaimana bila pipis bayi lebih banyak dari yang tersebut di atas? Bisa saja, Moms. Misalnya karena beberapa bayi mungkin akan buang air kecil setiap mereka disusui. Tapi bila Anda merasa bingung atau khawatir dengan kondisi maupun pola pipis si kecil, coba lah berdiskusi dengan bidan atau dokter.
(Penulis: Hutri Dirga Harmonis)