News
·
7 September 2021 6:09
·
waktu baca 3 menit

5 Berita Populer: PPKM Diperpanjang Lagi; Kudeta di Guinea

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Berita Populer: PPKM Diperpanjang Lagi; Kudeta di Guinea (147692)
searchPerbesar
Aktivitas masyarakat menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya di Jakarta saat masa perpanjangan PPKM Level 3, Kamis (2/9/2021). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Sejumlah peristiwa penting dan menarik menjadi berita populer pada Senin (6/9). Mulai dari PPKM di Jawa Bali dan luar Jawa Bali yang diperpanjang lagi hingga peristiwa kudeta yang terjadi di Guinea.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang tak sempat mengikuti informasi terkini di hari sebelumnya, kumparan merangkum lima berita populer di antaranya. Apa saja?

PPKM Berlanjut

Pemerintah kembali memperpanjang PPKM level di kedua cakupan wilayah pemberlakuannya. Untuk wilayah Jawa Bali PPKM Level kembali diperpanjang hingga 13 September 2021. Sementara untuk wilayah luar Jawa Bali diperpanjang hingga 20 September 2021.
Keberlanjutan PPKM ini diharapkan dapat meneruskan tren baik dari kasus corona di Indonesia. Sebab jika merujuk pada standar dan penilaian WHO, sampai sejauh ini kasus corona sudah dapat dikatakan pada situasi yang cukup terkendali karena telah menyentuh batas aman positivity rate yang sebesar 5 persen.

Crowd Free Night di Jakarta Akan Berlaku di Sudirman hingga Kemang

5 Berita Populer: PPKM Diperpanjang Lagi; Kudeta di Guinea (147693)
searchPerbesar
Petugas kepolisian melakukan patroli saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (31/12). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO
Polda Metro Jaya akan berlakukan Crowd Free Night di 4 wilayah ibukota yang rentan alami pelanggaran aturan PPKM di saat malam weekend dan malam menuju hari libur. Kebijakan ini diberlakukan untuk menekan mobilitas masyarakat yang sering terjadi di waktu-waktu tersebut dan mendukung penerapan PPKM di Jakarta.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan informasi, setiap malam weekend (jumat-minggu) dan malam menuju hari libur polisi akan mengerahkan penyaringan arus lalu lintas di 4 wilayah, yakni Sudirman, Thamrin, SCBD, Kemang. Nantinya, arus lalu lintas akan mulai dibatasi dari pukul 22.00 hingga 24.00 WIB dan akan hanya diperuntukkan bagi kondisi tertentu mulai dari pukul 24.00 hingga 04.00 WIB.

Jokowi Diprediksi akan Ganti 2 Kali Panglima TNI

5 Berita Populer: PPKM Diperpanjang Lagi; Kudeta di Guinea (147694)
searchPerbesar
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: Dispenal, TNI AU, dan ANTARA FOTO
Wakil Ketua Komisi I DPR Anton Sukartono memprediksi Jokowi akan dua kali melantik Panglima TNI hingga akhir masa jabatannya pada 2024. Anton menganalisis, jika tongkat komando Panglima TNI jatuh pada KSAD Jenderal Andika Perkasa, maka masa jabatannya tidak panjang karena dia hanya punya waktu satu tahun sampai nantinya memasuki masa pensiun pada Desember 2022.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, dari kandidat lainnya, yakni KSAL Laksamana Yudo Margono dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo akan pensiun pada 2023. Artinya , berdasarkan analisis Anton, sampai habis masa jabatan Jokowi di 2024 nanti, Ia akan mengganti Panglima TNI setidaknya sebanyak 2 kali.

Gudang Milik Shopee di Sunter Hangus Terbakar

5 Berita Populer: PPKM Diperpanjang Lagi; Kudeta di Guinea (147695)
searchPerbesar
com-#BelanjaDariRumah Shopee Foto: Kanya Nayawestri/kumparan
Kebakaran menghanguskan Gudang C Dunex di Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada hari Senin (6/9). Gudang tersebut adalah milik dari salah satu lokapasar (marketplace) Shopee Indonesia.
Kepastian dari kepemilikan gudang tersebut sendiri dibenarkan oleh Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira. Selain membenarkan kejadian tersebut, Radynal juga memastikan bahwa kebakaran gudang tersebut tidak akan mempengaruhi pengiriman barang milik pelanggan.

Kudeta Terjadi di Guinea

5 Berita Populer: PPKM Diperpanjang Lagi; Kudeta di Guinea (147696)
searchPerbesar
Anggota pasukan khusus mengambil posisi selama pemberontakan yang menyebabkan penggulingan presiden Alpha Conde di lingkungan Kaloum di Conakry, Guinea 5 September 2021. Foto: REUTERS/Saliou Samb
Pasukan khusus Guinea mengudeta pemerintahan Presiden Alpha Conde. Guinea yang merupakan salah satu negara yang terletak di benua Afrika bagian Barat itu mengalami kudeta pada hari Minggu lalu (5/9).
ADVERTISEMENT
Pemerintahan Presiden Alpha Conde runtuh usai Kepala Unit Tentara Elite Guinea Mamady Doumbouya mengumumkannya di siaran televisi lokal. Ia mengatakan kudeta tersebut dilakukan untuk mengakhiri kemiskinan dan penyakit korupsi yang mewarnai rezim Presiden Alpha Conde.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020