Belalang Musiman Menyerbu, Masjid Nabawi di Madinah Kurangi Pencahayaan Lampu

17 Mei 2023 14:39
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Petugas tak henti mempurifikasi Masjid Nabawi di Madinah menyusul datangnya serangga musiman, Mei 2023 Foto: wmn.gov.sa.
ADVERTISEMENT
Kawanan belalang dan serangga lainnya kembali mendatangi Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Kedatangan serangga musiman itu disambut dengan upaya pembersihan terus-menerus oleh petugas di masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram itu.
ADVERTISEMENT
Belalang/serangga biasa muncul pada masa peralihan musim atau karena pengaruh cuaca.
Pada tahun 2019, serangan belalang/jangkrik/serangga di Masjidil Haram, Makkah, sempat bikin heboh. Pada tahun itu, serangga juga berdatangan ke Masjid Nabawi, 450 km dari Makkah.
Pengelola Masjid Nabawi membeberkan serbuan belalang musiman di situsnya.
"Badan Kepresidenan Umum untuk Urusan Masjid Nabawi di berbagai lembaga dan departemennya mengintensifkan upaya dan kerja lapangan dan teknis sepanjang waktu dalam mempurifikasi dan membersihkan Masjid Nabawi, pelataran, dan fasilitasnya, sehubungan dengan gelombang musiman belalang dan serangga,” ungkap mereka, Rabu (17/5/2023).
Petugas menggunakan alat penyedot terkini untuk membersihkan serangga Foto: wmn.gov.sa.
Petugas secara manual juga membersihkan serangga yang datang menyerbu Foto: wmn.gov.sa.
Sebanyak 1.000 petugas kebersihan dikerahkan untuk membersihkan kawanan serangga Foto: wmn.gov.sa.
Upaya pembersihan dan disinfektasi berbagai fasilitas dan peralatan digenjot dengan memperbanyak tenaga kerja kebersihan. Sebanyak 1.000 pekerja dikerahkan dengan menggunakan 600 penyedot debu elektronik dan manual. Mereka mengumpulkan belalang/serangga dan membuangnya dengan cepat.
ADVERTISEMENT
Para pekerja menggunakan metode yang aman untuk membersihkan belalang/serangga itu dengan mengurangi metode penyemprotan demi keselamatan dan kenyamanan jemaah/pengunjung Masjid Nabawi.
Fasilitas yang dibersihkan dan didisinfektasi misalnya karpet-karpet, ruang ibadah, pelataran, payung elektronik yang menjadi ikon Masjid Nabawi, dan sebagainya.
Banyak lampu di tiang-tiang payung elekronis di Masjid Nabawi, Madinah. Foto: Muhammad Iqbal/kumparan
Di sela ibadah, jemaah biasanya bersantai di pelataran Masjid Nabawi. Foto: Muhammad Iqbal/kumparan

Pencahayaan Lampu Dikurangi

Selain pembersihan intensif, pengelola juga mengurangi pencahayaan yang dipancarkan dari lampu-lampu di Masjid Nabawi dan halamannya pada malam hari untuk mencegah serangga berbondong-bondong mendatanginya.
Masjid Nabawi dan lampu-lampunya saat malam hari yang menarik kedatangan serangga/belalang. Foto: AFP
Di halaman masjid, lampu-lampu antara lain terpancar dari tiang payung-payung ikonis Masjid Nabawi. Di lampu-lampu itu biasanya dikerumuni oleh belalang/serangga yang beterbangan.
Pengelola juga terus berkoordinasi dengan otoritas di Madinah untuk membasmi belalang/serangga musiman itu sebelum mereka mencapai halaman Masjid Nabawi.
"Dengan demikian, Masjid Nabawi tetap menjadi lingkungan aman bagi jemaah dan pengunjung,” ungkap mereka.
ADVERTISEMENT