kumparan
9 November 2019 20:05

Istana Sebut Tambahan Wamen Baru Wamendikbud dan Wakil Panglima

Presiden Joko Widodo, POTRAIT
Presiden Joko Widodo bersiap memimpin rapat terbatas. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Juru bicara Istana Fadjroel Rachman menyebut belum ada lagi tambahan wakil menteri selain untuk wakil menteri pendidikan dan kebudayaan dan Wakil Panglima TNI.
ADVERTISEMENT
"Saya dan Mensesneg Pratikno baru mendiskusikan wamen untuk Mendikbud dan wakil Panglima TNI," kata Fadjroel saat dikonfirmasi, Sabtu (9/11).
Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai wakil menteri dibutuhkan dalam upaya mengoptimalkan pencapaian tiap-tiap kementerian atau lembaga, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.
Moeldoko
Moeldoko. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Menurut Moeldoko, penambahan wakil menteri lebih mengarah untuk memastikan program-program pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin berjalan dengan cepat dan tepat.
Moeldoko memastikan nantinya, wakil menteri akan lebih banyak diisi tokoh profesional.
"Lebih ke profesional," ucap Moeldoko.
Komisaris Utama Adhi Karya Fadjroel Rahman
Fadjroel Rahman memberikan keterangan pers usai bertemu Jokowi. Foto: Kevin Kurnianto/kumparan
Sejauh ini, Presiden Jokowi telah melantik 12 wakil menteri yang dilantik pada Jumat (25/10) lalu. Rencananya, jumlah wamen akan bertambah setelah Jokowi meneken Perpres baru.
Lewat keputusan yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2019 Tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jokowi akan memilih Wakil Mendikbud untuk mendampingi Mendikbud Nadiem Makarim.
ADVERTISEMENT
Lalu lewat Peraturan Presiden No. 66 Tahun 2019 tentang struktur organisasi TNI, Jokowi juga menghidupkan lagi jabatan Wakil Panglima TNI. Meski begitu, Jokowi belum mau mengungkapkan siapa wakil Panglima TNI yang ditunjuknya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan