News5 Desember 2019 11:58

Kuliah S3 di Sudan, UAS Ikuti Sidang Cerai Lewat Video Call

Konten Redaksi kumparan
Kuliah S3 di Sudan, UAS Ikuti Sidang Cerai Lewat Video Call  (756329)
Ustad Abdul Somad (UAS). Foto: Antara
Perceraian Ustaz Abdul Somad (UAS) dengan Mellya Juniarti tengah menjadi perbincangan. UAS disebut mengajukan gugatan cerai terhadap istrinya pada 12 Juli 2019 saat sedang menempuh pendidikan S3 di Sudan.
ADVERTISEMENT
Ketua Tim Kuasa Hukum UAS, Hasan Basri, menyebut alasan itu membuat kliennya tak bisa hadir secara langsung di persidangan di Pengadilan Agama Klas IB Bangkinang. Persidangan akhirnya dilakukan secara elektronik atau lewat video call.
"Iya benar, persidangan dilakukan secara elektronik," kata Hasan. Sidang secara elektronik diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung (Perma) No 1/2019 tentang Administrasi di Pengadilan Secara Elektronik.
Kuliah S3 di Sudan, UAS Ikuti Sidang Cerai Lewat Video Call  (756330)
Ustad Abdul Somad (UAS) memberikan tausyiah pada tabliq akbar di Lapangan Hiraq, Lhokseumawe, Aceh, Minggu (19/8/2018). Foto: ANTARA FOTO/Rahmad
Sidang perceraian UAS dengan istrinya dipimpin oleh ketua majelis hakim Abdul Hakim dengan hakim anggota, Ermida Yustri dan Syofyan Nasution.
Mulai dari awal persidangan pada 30 Juli 2019 hingga putusan pada Selasa (3/12), UAS tak hadir di Pengadilan Agama Klas IB Bangkinang secara langsung. Pada sidang putusan, UAS sedang berada di Kalimantan Utara sehingga diwakili oleh pengacaranya.
ADVERTISEMENT
Penelusuran kumparan, mulai dari mediasi hingga persidangan dilakukan video call. Dalam upaya mediasi, UAS dan Mellya menemui jalan buntu sehingga persidangan perceraian pun diselenggarakan.
Sebelumnya, Hasan Basri tak berkomentar banyak terkait perceraian UAS. Dia menilai UAS cerai karena tidak cocok lagi.
"Selain ini urusan rumah tangga, tak usah ditanggapi. Perceraian tertutup umum," kata Hasan mengungkapkan pernyataan UAS.
"Tidak cocok lagi. Ya itu jalannya berpisah, karena kita manusiawi," imbuhnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white