kumparan
14 Oktober 2018 13:46

Penjahat Sopan di Jepang, Minta Izin Sebelum Merampok

Lawson Jepang
Lawson Jepang. (Foto: AFP/YOSHIKAZU TSUNO)
Orang Jepang memang terkenal akan budaya dan kesopanannya yang kental. Bahkan penjahat di negara ini juga sangat sopan, minta izin dulu sebelum merampok sebuah minimarket.
ADVERTISEMENT
Diberitakan media Jepang, TNC, peristiwa ini terjadi di kota Ogori, prefektur Fukuoka, pada 5 Oktober lalu. Ketika itu, seorang pria dengan niat merampok masuk ke minimarket Lawson sekitar pukul 2 pagi.
Tapi dia tidak berteriak dan memaksa karyawan Lawson menyerahkan uang di kasir, seperti yang jamak dilakukan perampok lainnya. Pelaku malah dengan sopan meminta izin untuk merampok.
"Saya datang dengan tujuan mengintimidasi anda dan merampok toko ini. Bolehkan saya memohon agar anda bekerja sama dengan saya?" kata dia, dengan nada yang sama sekali tidak menakutkan.
Dengan tidak kalah sopannya, karyawan Lawson mengatakan "Saya tidak bisa melakukan itu."
Tidak dapat izin, perampok itu lantas keluar toko. Yang dilakukannya berikutnya mengejutkan.
Dia ke kantor polisi dan menyerahkan diri, mengaku ingin melakukan perampokan. Polisi menemukan sebilah pisau dapur di balik pakaian perampok tersebut.
ADVERTISEMENT
Polisi lantas menahan perampok sopan itu namun masih melakukan penyelidikan akan motifnya. Beberapa media di Jepang mengatakan, perampok yang tidak disebut nama dan usianya itu memang ingin masuk penjara dari awal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan