Otomotif
·
10 Juni 2021 7:47
·
waktu baca 2 menit

Bikin Motor Biasa Jadi Listrik Modalnya Mulai Rp 5 Juta Aja!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bikin Motor Biasa Jadi Listrik Modalnya Mulai Rp 5 Juta Aja! (15367)
Honda BeAT dikonversi menjadi motor listrik. Foto: dok. Ady Siswanto/Petrikbike
Cara ekonomis memiliki motor listrik tak selalu membelinya dalam kondisi baru. Tapi bukan juga memboyongnya dengan kondisi bekas, melainkan mengubah motor sendiri dari sebelumnya menggendong mesin menjadi bertenaga listrik.
ADVERTISEMENT
Jadi bisa lebih hemat pengeluaran. Bayangkan, harga motor listrik baru kebanyakan setara skutik 150 cc yang rata-rata di atas Rp 20 jutaan.
Alternatif lainnya adalah beli motor bekas murah Rp 2 hingga 3 jutaan, kemudian membawanya ke bengkel konversi motor listrik. Sehingga kuda besi milik sendiri masih dalam bentuk utuh.
Namun beberapa bengkel menawarkan paket dasar konversi mulai Rp 8 hingga 9 jutaan. Terlihat masih agak tinggi harganya sebenarnya. Ini karena komponen inti baterai yang masih mahal, sekitar 60 hingga 70 persen dari biaya konversi.
Namun demikian ada satu perusahaan rintisan penyedia konversi motor listrik baru bernama Nuxcle, yang menawarkan ongkos lebih murah. Mulai dari Rp 5 juta untuk semua tipe motor.
Bikin Motor Biasa Jadi Listrik Modalnya Mulai Rp 5 Juta Aja! (15368)
Motor listrik Honda Astrea Legenda. dok. Istimewa
"Itu harga starting spesifikasi rendah, misalnya mau top speed tinggi bisa tinggal disesuaikan," buka Co-Founder Nuxcle, Arif Fajar saat dihubungi kumparan, Kamis (10/6).
ADVERTISEMENT
Spesifikasi paket termurah itu mencakup motor listrik BLDC yang disematkan pada hub roda belakang bertenaga 350 hingga 500 Watt, controller, dan baterai 48 volt 14Ah.
"Jadi kecepatannya sekitar 40 hingga 50 kilometer per jam, dan sekali isi penuh baterainya bisa menempuh jarak 35 sampai 40 km," imbuhnya.
Boleh dibilang usaha yang digawangi Nuxcle bukan sekadar bengkel konversi, tapi juga menyediakan kustom. Inilah yang jadi pembeda antara bengkel motor listrik lainnya.
Arif menjelaskan, hampir semua komponen inti motor tetap dipasang. Salah satu contohnya blok mesin akan tetap digunakan, jeroannya dikeluarkan kemudian menjadi tempat baterai. "Biar smooth, orang lihatnya motor biasa tapi sebenarnya listrik," tukasnya.
Bikin Motor Biasa Jadi Listrik Modalnya Mulai Rp 5 Juta Aja! (15369)
Motor listrik Honda Astrea Legenda. dok. Istimewa
Maka jangan heran jika waktu pengerjaanya tak singkat. Satu unit motor bisa dikerjakan dalam waktu 2 hingga 3 minggu. Itu pun jika komponen dan part dalam keadaan ready stock.
ADVERTISEMENT

Kok bisa murah konversi motor listrik di Nuxcle?

Rahasianya ada pada komponen yang digunakan. Arif mengatakan beberapa part merupakan komponen bekas tapi masih dalam keadaan layak pakai. Hanya saja bukan berarti langsung dipasang ke motor plek ketiplek.
Ada kustomisasi part dan penyegaran komponen inti, sehingga tetap menawarkan performa yang andal dan awet digunakan. Oleh karena itu Arif memberikan garansi yang cukup panjang guna menjamin itu semua.
"Kami konsepnya bagaimana motor listrik bisa lari 70 km, tapi dengan baterai lebih kecil. Ibarat tamiya, itu dinamonya dikilik ulang, nggak banyak bengkel yang berani sampai buka motornya kemudian dioptimalkan. Makanya setelah trial and error 3 tahun ke belakang, ketemu nih formulanya kayak apa, intinya memaksimlkan fungsi controller dan motor," kata Arif.
Bikin Motor Biasa Jadi Listrik Modalnya Mulai Rp 5 Juta Aja! (15370)
Motor listrik Gerandong Foto: dok. Ady Siswanto/Petrikbike
Kabar menariknya bukan cuma motor, sepeda juga bisa disematkan motor listrik. Banderolnya mulai Rp 2,5 juta, pakai baterai lithium ion 350 watt, dengan kecepatan puncak 30-35 km dan jarak tempuh 15 hingga 25 km apabila dipakai terus-menerus.
ADVERTISEMENT