kumparan
search-gray
Otomotif30 Juni 2020 9:27

Hobi Otomotif, Ini Koleksi Mobil-Motor Ketua MPR Bambang Soesatyo

Konten Redaksi kumparan
Mobil Listrik Bamsoet
Mobil Listrik Bamsoet Foto: Ricad Saka/kumparan
Dunia otomotif nampaknya menjadi salah satu hobi yang sangat digemari oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo. Kesenangan Bamsoet --sapaan akrab Bambang Soesatyo-- terhadap dunia otomotif, terlihat dari berbagai koleksi kendaraan yang dimiliki.
ADVERTISEMENT
Mengacu pada data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) Bamsoet di KPK pada tahun 2019. Politisi partai Golkar itu tercatat memiliki 13 kendaraan, yang terdiri dari 2 sepeda motor dan 11 mobil.
Pada sepeda motor, Bamsoet diketahui sangat menggemari merek Harley-Davidson. Ini terlihat dari data LHKPN-nya, yang terdapat dua unit Harley-Davidson, yang masing-masing merupakan tahun produksi 1993 dan 1995. Keduanya punya nilai harga Rp 110 juta dan Rp 100 juta.
Selanjutnya pada deretan kendaraan roda empat, Bamsoet memiliki 2 unit supercar asal Italia. Masing-masing merupakan Lamborghini tahun 2012 yang punya harga Rp 2,1 miliar dan Ferrari tahun 2012 yang seharga Rp 1,8 miliar.
Peluncuran Lamborghini Aventador S Roadster.
Peluncuran Lamborghini Aventador S Roadster. Foto: Puti Cinintya Arie Safitri
Selain supercar, Bamsoet juga mengoleksi 3 sedan mewah premium, yakni Bentley Mulsanne tahun 2012 seharga Rp 2 miliar, Rolls-Royce Phantom 2011 seharga Rp 4,3 miliar, dan Mercedes-Benz S400 2014 senilai Rp 1,8 miliar.
Rolls Royce Phantom Metropolitan Collection
Rolls Royce Phantom Metropolitan Collection Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Koleksi mobil terbanyak Bamsoet, jutsu bukanlah sedan mewah atau supercar, melainkan mobil berjenis SUV. Mengacu data LHKPN, Bamsoet memiliki 4 mobil berjenis SUV. Keempat mobil itu, yakni Land Rover 2013 dengan harga Rp 1,3 miliar, Hummer H2 2009 seharga Rp 1 miliar, Jeep Rubicon 2013 seharga Rp 350 juta, dan Toyota Fortuner 2012 seharga Rp 250 juta.
Jeep Wrangler Rubicon
Jeep Wrangler Rubicon Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Tidak hanya mobil berbahan bakar bensin, Bamsoet rupanya juga cukup tertarik terhadap mobil listrik. Tercatat, pria yang sebelumnya menjabat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ini juga punya 2 mobil listrik, Tesla Model X 2017 seharga Rp 1,85 miliar dan Tesla Model S 2017 seharga Rp 1,6 miliar.
Politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo
Politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo menaiki mobil listrik seusai menemui Presiden Joko Widodo. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Kegemaran Bamsoet terhadap dunia otomotif, tidak hanya terlihat dari koleksi-koleksi mobilnya saja. Bamsoet diketahui juga sempat aktif hadir di beberapa acara otomotif dan sesekali juga mengikuti touring sepeda motor dan mobil.
ADVERTISEMENT
Terbaru, Bamsoet baru saja diajak selebritas Raffi Ahmad, untuk menjajal dan mereview mobil listrik miliknya, Porsche Taycan. Dalam video yang diunggah di akun Youtube Rans Entertainment, Bamsoet bahkan terlihat menyetir dan merasakan langsung keganasan akselerasi instan dari Porsche Taycan.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.