kumparan
18 Mei 2019 12:04

Ini Spesifikasi dan Fitur Toyota Fortuner Bekas Rp 150 Jutaan

Toyota Fortuner bekas
Toyota Fortuner bekas Foto: dok. WTCM2
Toyota Fortuner nampaknya menjadi model yang cukup dicari di pasar mobil bekas. Buktinya, untuk generasi awal, SUV ini cukup diminati lantaran harganya yang relatif terjangkau.
ADVERTISEMENT
Ya, rata-rata Toyota Fortuner generasi pertama produksi tahun 2006 hingga 2008 dibanderol Rp 150 jutaan. Meski memiliki usia yang cukup tua, citra Fortuner sebagai sebuah SUV berkelas dinilai memiliki gengsi yang berbeda dibanding Low MPV dengan usia muda.
Lantas, dengan kisaran harga Rp 150 jutaan tersebut, apa saja fitur dan spesifikasi yang ditawarkan?
Pilihan Tipe
Sebelum Anda mengetahui spesifikasinya lebih jauh, ada baiknya Anda kenali dahulu tipe-tipe yang terdapat pada Fortuner generasi pertama ini.
Fortuner generasi pertama ini memiliki 4 pilihan tipe: G M/T, G A/T, Lux A/T, serta V A/T.
Eksterior
Toyota Fortuner bekas
Toyota Fortuner bekas Foto: dok. WTCM2
Jika melihat eksteriornya, SUV ladder frame ini masih memiliki tampilan yang gagah dan tidak terlalu terkesan lawas. Pada bagian depannya terpampang grille yang mirip pada Innova generasi awal.
ADVERTISEMENT
Untuk lampu depannya masih menggunakan multi reflector dengan halogen biasa, ada juga lampu foglamp di bagian bumper bawah. Serupa dengan bagian depan, pada bagian belakang juga masih menggunakan lampu halogen biasa.
Mobil ini semakin terlihat gagah dengan hadirnya step bar, roof rail, dan rear spoiler. Untuk velgnya, kala itu Toyota memberikan Fortuner generasi pertama ini berukuran 16 inci untuk tipe biasa, dan 17 inci untuk tipe TRD Sportivo.
Perbandingan Toyota Fortuner lawas dan baru
Perbandingan Toyota Fortuner lawas dan baru Foto: dok. Mobil123 dan Toyota
Terlahir sebagai sebuah SUV bongsor, tentu sangat wajar jika mobil ini memiliki dimensi yang besar dan tinggi. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.695 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.790 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya yaitu 2.750 mm dengan ground clearance 220 mm.
ADVERTISEMENT
Interior
Masuk ke bagian interiornya, tentu kesan lawas akan sangat terasa pada mobil ini. Belum lagi, ditambah dengan desainnya dashboard-nya yang sangat mirip dengan Innova generasi awal.
Bahan dashboard yang dipakai pun masih menggunakan material keras. Meski memiliki desainnya membosankan, namun mobil ini memiliki cukup banyak ruang penyimpanan dan juga cup holder yang jumlahnya memadai.
Interior Toyota Fortuner lawas
Interior Toyota Fortuner lawas Foto: dok. Team BHP
Fortuner generasi pertama ini juga telah dilengkapi oleh pengaturan AC digital, sistem pengaturan audio pada kemudi, serta AC double blower untuk baris kedua pada semua tipenya. Namun, untuk tipe G A/T ke atas, mobil ini telah menggunakan jok kulit.
Mesin
Untuk jantung mekanisnya, Fortuner generasi pertama memiliki dua pilihan mesin: bensin berkapasitas 2,7 liter dan Diesel 2,5 liter.
ADVERTISEMENT
Untuk mesin bensinnya, mampu menghasilkan tenaga hingga 158 dk dan torsi 241 Nm. Sedangkan untuk Diesel-nya, memiliki tenaga yang lebih kecil 102 dk, namun dengan torsi yang lebih besar mencapai 260 Nm.
Layout mesin Toyota Fortuner lawas
Layout mesin Toyota Fortuner lawas Foto: dok. Team BHP
Mesin tersebut berpadu dengan 2 pilihan sistem transmisi, otomatik 4-percepatan dan manual 5-percepatan. Terdapat pula 2 pilihan sistem penggerak roda, 4x2 dan 4X4 .
Sayangnya, untuk varian bensinnya terkenal memiliki konsumsi bahan bakar yang boros.
Fitur
Berbicara fitur, mobil ini tentu belum memiliki piranti bantuan pengemudi dan keselamatan yang banyak dibanding generasi saat ini. Namun untuk tahun sepantarannya, mobil ini terbilang cukup memadai.
Toyota Fortuner bekas
Toyota Fortuner bekas Foto: dok. WTCM2
Untuk fitur keselamatan, telah tersemat dual airbags, sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist, serta Rear Parking Sensor. Sedangkan untuk fitur kenyamanan tersedia tilt steering, arm rest di bagian jok tengah dan electric driver seat (untuk 4x4).
ADVERTISEMENT
Sistem Infotainment
Mobil ini dilengkapi oleh sistem audio dengan head unit layar sentuh yang memiliki multi connectivity serta speaker sebanyak 6 titik.
Bagaimana, tertarik untuk berburu Fortuner lawas dan meminangnya sebagai teman mudik Lebaran nanti?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan