Otomotif
·
21 Juli 2021 13:12
·
waktu baca 2 menit

Intip Nissan March Arief Muhammad yang Laku Setengah Miliar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Intip Nissan March Arief Muhammad yang Laku Setengah Miliar (32217)
searchPerbesar
Lelang Nissan March Arief Muhammad. Foto: dok. Instagram Arief Muhammad
Influencer Arief Muhammad kembali membuat kejutan dengan berhasil melelang 1 unit Nissan March dengan harga yang fantastis mencapai Rp 500 juta.
ADVERTISEMENT
Proses lelang dirinya lakukan melalui postingan di akun Instagramnya @ariefmuhammad pada Senin (19/7).
Ada beberapa pengusaha muda di Tanah Air yang ikut lelang tersebut, mulai dari pengusaha PO bus Juragan99 Gilang Widya Pramana, Basuki Surodjo, Indra Kesuma, Putra Siregar, hingga Chandra Kurniawan atau yang lebih populer dikenal Charock.
Setelah melalui proses lelang di Instagram, mobil itu resmi dilepas Arief pada penawar tertinggi, yakni Chandra Kurniawan, yang berani menawar Rp 500 juta.
Adapun Nissan March tersebut merupakan produksi 2013 bertransmisi manual. Mobil ini sebelumnya Arief beli dengan harga pasaran dari salah satu follower-nya yang terlilit utang pinjaman online.
Intip Nissan March Arief Muhammad yang Laku Setengah Miliar (32218)
searchPerbesar
Lelang Nissan March Arief Muhammad. Foto: dok. Instagram Story Arief Muhammad

Restorasi Total

Dengan kondisi mobil yang kala itu sangat tidak terawat, berbagai restorasi pun dilakukan Arief. Mulai dari kaki-kaki, ban, mesin, cat, hingga detailing.
ADVERTISEMENT
Pada bagian kaki-kaki, hampir semua komponen tersebut dirinya ganti. Mulai dari bushing arm, arm, lower arm, shock breaker depan belakang, support shock breaker, bearing support shock breaker, tierod, rack steer, booth rack steer, rack end, engine mounting, kampas rem depan belakang, hingga piringan rem depan.
Lalu untuk sektor jantung pacu, restorasi dilakukan mulai dari penggantian oli mesin, filter oli, filter udara, busi, kampas kopling, dekrup, deklaher, seal kruk as, dan fan belt.
Tak sampai di situ, dirinya juga melakukan penggantian pada seluruh ban termasuk ban serep. Total biaya yang dikeluarkan untuk restorasi kaki-kaki, mesin, hingga penggantian ban, sebesar Rp 25,3 juta.
Berikutnya Arief juga turut melakukan perbaikan pada sektor bodi dan mengecat ulang. Guna memberikan tampilan yang lebih segar, dirinya memilih warna putih Nismo GT-R dibandingkan warna putih Nissan March.
ADVERTISEMENT
Setelah melakukan perbaikan bodi dan cat ulang, dilanjutkan dengan detailing dan coating pada eksterior, interior, dan mesin. Untuk perbaikan bodi, cat ulang, dan detailing, dirinya menghabiskan biaya Rp 32 juta.
Jadi bila ditotal secara keseluruhan, Arief menghabiskan biaya hingga Rp 57,3 juta untuk merestorasi Nissan March tersebut dari kondisi busuk menjadi istimewa.

Spesifikasi Nissan March

Berstatus mobil perkotaan, Nissan March Arief Muhammad itu dibekali mesin bensin berkode HR12DE dengan spesifikasi 3-silinder segaris berkubikasi 1.198 cc.
Di atas kertas, mobil rakitan Purwakarta itu menawarkan tenaga 97 dk pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.000 rpm. Ada 2 pilihan transmisi yang ditawarkan, manual 5-percepatan dan otomatik CVT 4-percepatan.
Dengan harganya yang mencapai setengah miliar itu, ini juga menjadikannya sebagai Nissan March termahal kedua di dunia. Sebab, saat ini Nissan March generasi terbaru yang dipasarkan di Eropa, dijual dengan harga di bawah Rp 300 jutaan. Sedangkan untuk Nissan March termahal di dunia, yakni Nissan March coupe cabriolet yang dilelang untuk donasi bagi penyintas kanker payudara di Inggris.
ADVERTISEMENT
***