Otomotif
·
6 Mei 2020 2:55

Istimewa, Vespa VBB 1962 Ini Belum Pernah Isi Bensin Sejak Beli

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Istimewa, Vespa VBB 1962 Ini Belum Pernah Isi Bensin Sejak Beli (745509)
Vespa VBB 1962. Foto: dok. Andy Wardhana
Ketika membeli sebuah motor baru, umumnya setiap orang akan langsung menyalakan dan menjalankan motor tersebut. Berbeda dari orang kebanyakan, Vespa VBB kelahiran 1962 milik Andy Wardhana, rupanya masih berstatus 'perawan' alias New Old Stock (NOS).
ADVERTISEMENT
Ya, sudah sejak 58 tahun silam, Vespa berkelir biru telur asin ini memang belum pernah dinyalakan apalagi dibawa jalan.
Jadi memang Vespa ini sejak tahun 1962, belum pernah dinyalakan oleh pemilik sebelumnya, yaitu Om Iskandar di Semarang. Dan semenjak berpindah tangan ke saya, tradisi itu akan terus saya jaga," ujar Andy kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Istimewa, Vespa VBB 1962 Ini Belum Pernah Isi Bensin Sejak Beli (745510)
Vespa VBB 1962. Foto: dok. Andy Wardhana
Mendapatkan unit Vespa antik istimewa ini tentu bukan hal mudah, apalagi ini merupakan koleksi kesayangan dari pemilik sebelumnya.
"Saya waktu itu awalnya juga enggak begitu yakin Vespa ini akan dilepas. Soalnya, Om Iskandar ini kan kolektor Vespa, dia punya ratusan unit dan itu semua disimpan di gudang. Satu-satunya yang tidak disimpan di gudang ya Vespa VBB ini, artinya ini sangat berarti sekali buat dia," cerita Andy.
Istimewa, Vespa VBB 1962 Ini Belum Pernah Isi Bensin Sejak Beli (745511)
Vespa VBB 1962. Foto: dok. Andy Wardhana
Awal perjumpaannya dengan Vespa VBB yaitu di kediaman Om Iskandar. Andy mengaku takjub dengan Vespa tersebut, lantaran kondisinya masih apik.
Hal itu tampak dari masih tersematnya stiker-stiker pada bagasi dan mesin, serta tangki bahan bakarnya yang belum diisi bahan bakar sejak pertama datang.
Istimewa, Vespa VBB 1962 Ini Belum Pernah Isi Bensin Sejak Beli (745512)
Tangki bahan bakar Vespa VBB 1962 yang belum pernah diisi. Foto: dok. Andy Wardhana
Istimewa, Vespa VBB 1962 Ini Belum Pernah Isi Bensin Sejak Beli (745513)
Sticker pada bagasi Vespa VBB 1962. Foto: dok. Andy Wardhana
Andy akhirnya memberanikan diri untuk meminta izin membeli motor tersebut. Seolah sudah berjodoh, Sang pemilik akhirnya merelakan koleksinya tersebut.
ADVERTISEMENT
"Setelah ngobrol-ngobrol, akhirnya saya pun deal dengan Vespa ini tanpa saya tawar sepeserpun harganya. Karena saya tahu Vespa ini begitu spesial. Bahkan tidak lama setelah saya bersalaman dengannya, beliau juga menangis," ucap Andy.
Istimewa, Vespa VBB 1962 Ini Belum Pernah Isi Bensin Sejak Beli (745514)
Vespa VBB 1962. Foto: dok. Andy Wardhana
Nah, proses pemindahan motor tersebut juga tak mudah. Andy mengaku berusaha untuk tidak membuat ban Vespa menyentuh tanah. Menurutnya, kondisi ban yang masih orisinil sejak 1962, akan rawan getas apabila dijalankan.
Kini, semenjak terparkir di kediamannya, Vespa itu pun terus dirinya rawat. Bahkan, agar kondisi Vespa tersebut tetap terjaga layaknya motor baru, Andy, menempatkan Vespa VBB tersebut ke dalam sebuah kotak akrilik, layaknya mainan die cast.
"Untuk perawatan rutinnya sih, hanya saya bersihkan saja ya, terutama debu dan jamur-jamurnya. Selebihnya sih enggak ada yang saya ubah ya, biarkan tetap dalam kondisi New Old Stock saja," ucap Andy.
Istimewa, Vespa VBB 1962 Ini Belum Pernah Isi Bensin Sejak Beli (745515)
Vespa VBB 1962. Foto: dok. Andy Wardhana
Dalam membersihkannya, Andy rutin melakukannya setiap 2 minggu sekali dengan membuka kotak akrilik tersebut.
Istimewa, Vespa VBB 1962 Ini Belum Pernah Isi Bensin Sejak Beli (745516)
Vespa VBB 1962. Foto: dok. Andy Wardhana
Ke depannya, Andy berencana akan terus merawat identitas New Old Stock dari Vespa VBB 1962 miliknya itu. Menurutnya, kondisi Vespanya yang sangat istimewa tersebut bagaikan sebuah tradisi yang harus terus dijaga dan dilestarikan.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.