kumparan
Otomotif13 Desember 2019 16:40

Jualan Mobil Hybrid Toyota Naik 5 Kali Lipat

Konten Redaksi kumparan
Mobil-mobil hybrid Toyota
Mobil-mobil hybrid Toyota Foto: dok. TAM
Tahun 2019 nampaknya menjadi awal agresivitas Toyota dalam memasarkan mobil berbasis listrik. Ya, pabrikan berlambang tiga oval terebut, bahkan telah meluncurkan 3 mobil hybrid tahun ini.
ADVERTISEMENT
Ketiganya meliputi Camry Hybrid yang mengaspal pada bulan Januari, C-HR Hybrid pada bulan April, dan terakhir Corolla Altis Hybrid pada bulan September lalu.
Hadirnya 3 mobil hybrid itu diakui Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan mobil hybrid Toyota.
“Tahun ini, mobil hybrid Toyota alami kenaikan penjualan hingga 5 kali lipat. Sekarang per bulannya sudah di atas 50 unit,” ungkap Henry di sela acara Toyota Year End Media Gathering 2019, di Jakarta, Kamis (12/12) malam.
Toyota Corolla Altis Hybrid
Toyota Corolla Altis Hybrid Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Pernyataan Henry ada benarnya, dan sesuai dengan data penjualan wholesales yang dikeluarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).
Sepanjang Januari hingga Oktober, wholesales (pengiriman unit dari pabrik ke diler) mobil hybrid Toyota sukses mencatatkan angka 576 unit. Jauh meningkat bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018 lalu, yang hanya mendistribusikan 24 unit.
ADVERTISEMENT
Adapun mobil hybrid yang paling banyak diminati, C-HR Hybrid. Ungkap Henry, banderolnya menggiurkan dan punya selisih yang tidak jauh ketimbang non hybrid.
“Peningkatan itu salah satunya berkat C-HR Hybrid yang hanya mengalami kenaikan harga Rp 30 juta dari varian non hybrid,” ujar Henry.
Toyota C-HR Hybrid
Toyota C-HR Hybrid Foto: dok. TAM
Toyota C-HR Hybrid sendiri sejak diluncurkan pada bulan April lalu, berkontribusi 52,43 persen terhadap keseluruhan penjualan mobil hybrid Toyota, atau sudah terjual 302 unit --April sampai Oktober.
Sisanya, disumbangkan oleh Camry Hybrid dengan angka 148 unit, Crown Hybrid 102 unit, Corolla Altis Hybrid 23 unit, dan Alphard Hybrid dengan 1 unit.
Sementara bila ditotal sejak 10 tahun lalu, Toyota telah berhasil membukukan penjualan lebih dari 2.400 unit mobil hybrid. Besarnya angka itu sendiri, diakui Henry tidak terlepas dari konsistensi pabrikan dalam memperkenalkan dan mensosialisasikan teknologi hybrid di Indonesia.
Toyota New Camry Hybrid 2019
Toyota New Camry Hybrid 2019 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Bahkan di tahun 2020 mendatang, TAM akan kembali menggebrak pasar dengan meluncurkan mobil hybrid lainnya.
ADVERTISEMENT
"Tahun depan 2020 kami akan ada banyak line up baru lagi untuk hybrid. Untuk plug in hybrid kami akan segera mengenalkan di awal tahun," katanya.